Gubernur Kaltim Jamin IKN akan Menjadi Kota Terbaik di Dunia

IKN telah dirancang untuk tujuan pusat pemerintahan

Samarinda, IDN Times - Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menjamin Ibu Kota Nusantara ( IKN) nantinya akan menjadi salah satu kota terbaik dunia. Lokasi IKN yang berada di Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar).

“Desain IKN ini diakui oleh arsitektur Kota Kazakhstan ternama asal Jepang Kisho Kurokawa, yang merupakan arsitek kota di Kazakhstan," sebutnya dalam acara talkshow Ekspose Pembangunan Hijau Kaltim diberitakan Antara, Rabu (8/6/2022). 

1. IKN dirancang untuk tujuan pengembangan pemerintahan

Gubernur Kaltim Jamin IKN akan Menjadi Kota Terbaik di DuniaSebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Menurut Isran, proyek pembangunan IKN telah dirancang untuk tujuan pengembangan sebuah pusat pemerintahan dan lengkap dengan pengelolaan lingkungan hidupnya. Kisho Kurokawa menilai arsitektur IKN yang didesain saat ini jika betul-betul terwujud, maka itu akan menjadi desain arsitektur terbaik seluruh dunia.

Menurut Isran, pernyataan itu disampaikan Kisho Kurokawa ketika seminar secara daring diikuti seluruh arsitektur di dunia dan Indonesia baru-baru ini.

Baca Juga: Jatuh dari Motor Trail, Wagub Kaltim Tetap Semangat Temui Warga Mului

2. IKN diprediksi akan menjadi kota yang indah

Gubernur Kaltim Jamin IKN akan Menjadi Kota Terbaik di DuniaSejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Saat itu, lanjut Isran, Kisho Kurokawa berpendapat jika desain arsitektur IKN itu selesai, maka akan menjadi kota yang sangat indah dan terbaik di dunia. Bahkan, IKN akan menjadi contoh pembangunan terbaik di seluruh dunia, apabila, desain awal pembangunan betul-betul diwujudkan. Saat ini Kota Astana di Kazakhstan masih yang terbaik di dunia.

3. Kota dengan keanekaragaman hewan dan hayati

Gubernur Kaltim Jamin IKN akan Menjadi Kota Terbaik di DuniaPresiden Joko Widodo dalam prosesi Kendi Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto Biro Pers, Media Kepresidenan

Talkshow menghadirkan Gubernur Jambi Al Haris, Ketua Bidang Pelaksanaan Penataan Kawasan Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Didiet Arief Akhdiat, Sekretaris Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK Agus Rusly, dan Gubernur Isran Noor.

“Itu bukan saya yang ngomong. Saya juga membayangkan, juga begitu. Ini benar. Kotanya dalam hutan. Memiliki keanekaragaman hewan dan hayati yang sangat beragam jenisnya. Kalau cuma burung-burung saja, pasti berdatangan asal ada pepohonan,” sebut Isran.

Baca Juga: Jatuh dari Motor Trail, Wagub Kaltim Tetap Semangat Temui Warga Mului

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya