Indikator Pembangunan Keluarga Berencana di Kaltim Mencapai Target

Penerapan Program Bangga Kencana di Kaltim

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) mengapresiasi pencapaian target dalam program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) setempat. 

"Saya berterima kasih atas capaian kinerja yang ditetapkan dalam program Bangga Kencana di Kaltim," kata Gubernur Isran Noor dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Rabu, 18 Agustus 2021.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Kaltim Turun Drastis, tetapi Kematian Masih Tinggi

1. Pencapaian berhasil diraih di Kaltim

Indikator Pembangunan Keluarga Berencana di Kaltim Mencapai TargetZurich Indonesia

Capaian yang diraih di antaranya angka prevalensi kontrasepsi modern (modern contraceptive prevalence rate/mcpr) telah tercapai 73,50 persen dari target 66,62 persen peserta KB aktif.

Selain itu, jumlah kampung KB percontohan yang mendapat fasilitasi dan pembinaan pemberdayaan ekonomi keluarga telah tercapai 10 kelompok atau 100 persen.

Juga, jumlah kelompok bina keluarga lansia (BKL) yang mendapat fasilitasi dan pembinaan pelayanan ramah lansia telah tercapai 108 kelompok atau 98,2 persen dari target 110 kelompok.

Jumlah fasilitas kesehatan (faskes) yang mendapat pemenuhan ketersediaan alat/obat kontrasepsi (alokon) telah tercapai 273 faskes atau 80,1 persen dari 341 faskes.

2. Target Kaltim dalam membangun keluarga yang berkualitas

Indikator Pembangunan Keluarga Berencana di Kaltim Mencapai TargetIlustrasi Keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Isran mengatakan, Pemprov Kaltim sudah bertekad mewujudkan keluarga yang sehat dan berkualitas sesuai Program Bangga Kencana. Termasuk pula penguatan kelembagaan mitra kerja dalam penanganan stunting di Kaltim. 

"Berbagai upaya sudah dilakukan pemprov dalam menuju harapan bersama itu," kata mantan Bupati Kutai Timur ini di acara virtual menghadirkan narasumber Kepala BKKBN Nasional dr Hasto Wardoyo, Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan BKKBN Nasional Profesor Muhammad Rizal Martua Damanik dan Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Muhammad Edy Muin.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Lokasi Pertama Merah Putih Berkibar di Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya