Kakek Tua Renta Nekat Bobol Toko Sembako di Balikpapan

Komplotan pelaku mencuri beras milik korban

Balikpapan, IDN Times - Polresta Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) membongkar praktik pencurian toko sembako di Jalan Mangga Kelurahan Mekar Sari Balikpapan Tengah. Aksi pencurian yang terbilang unik, di mana salah seorang pelaku adalah kakek tua renta berusia 68 tahun. 

Tiga pelaku komplotan pencuri membobol toko sembako pada Minggu 15 Maret 2022 lalu. 

“Setelah korban melapor, dan dari rekaman CCTV itu kami langsung bergerak melakukan penyelidikan. Sehingga para pelaku berhasil diamankan berikut barang buktinya," kata Kasat Reskrim Polresta Balikpapan Komisaris Polisi Rengga Puspo Saputro, Selasa (29/3/2022).

1. Polisi menangkap dua orang pelaku dan satu lagi masih buron

Kakek Tua Renta Nekat Bobol Toko Sembako di BalikpapanJumpa pers kasus pencurian di Polresta Balikpapan Kaltim, Selasa (29/3/2022). Foto istimewa

Polisi meringkus dua orang pelaku dari tiga orang anggota komplotan pembobol toko sembako di Balikpapan. Setelah sebelumnya aksi kawanan ini sempat viral di media sosial (medsos) lantaran video rekaman kamera CCTV di toko tersebut beredar luas.

Polisi berhasil mengamankan pelaku beserta 14 karung beras hasil curiannya. Kedua pelaku yang berhasil diringkus polisi yakni seorang kakek berinisial J (68) dan Y (31). Akibat kejadian itu korban mengalami kerugian di atas Rp3 juta.

Setelah kejadian itu korban pun langsung melapor ke Mapolresta Balikpapan. Berkat rekaman kamera CCTV tersebut, kedua pelaku ditangkap pada Jumat 25 Maret 2022 tanpa perlawanan.

Baca Juga: Polresta Balikpapan Mulai Cari Saksi Kasus Kekerasan oleh Bripda AR

2. Kronologis pencurian toko sembako

Kakek Tua Renta Nekat Bobol Toko Sembako di BalikpapanFoto hanya ilustrasi. (safedepositfederation.com)

Rengga mengatakan, saat melakukan aksinya komplotan pelaku pencurian beras ini beraksi tiga orang. Namun baru dua yang diamankan, satu pelaku lagi masih dalam pencarian atau DPO kepolisian.

"Satu pelaku masih kami lakukan pengejaran," sebutnya.

Modus yang digunakan para pelaku yakni dengan berkeliling Kota Balikpapan untuk mencari target atau sasaran. Mereka menggunakan kendaraan roda empat yang sengaja disewa untuk melancarkan aksi tersebut.

"Para pelaku ini pakai mobil sewaan, kemudian keliling mencari target. Setelah dapat mereka turun dari mobil, kemudian merusak gembok toko. Setelah berhasil masuk, mereka ambil beras dan memasukkan ke dalam mobil, kemudian kabur," katanya.

3. Polisi terus mengembangkan kasusnya

Kakek Tua Renta Nekat Bobol Toko Sembako di BalikpapanIlustrasi pencurian (IDN Times/Mardya Shakti)

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan, para pelaku mengaku baru pertama kali melakukan aksi pencurian tersebut.

“Sementara baru satu TKP,” ujarnya.

Meskipun begitu, polisi terus mengembangkan kasusnya guna mencari adanya korban-korban baru. 

Akibat perbuatannya para pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

“Pelaku kami amankan di sel tahanan Mapolresta Balikpapan untuk menjalani serangkaian pemeriksaan,” tegasnya. 

Baca Juga: Sepekan, Polresta Balikpapan Ringkus Dua Jaringan Pengedar Narkotika

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya