Kaltim Meminta Warga untuk Menjaga Persatuan dan Pancasila

Rakor Kesbangpol kota/kabupaten se Kaltim

Samarinda, IDN Times - Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Pj Sekdaprov) Kalimantan Timur (Kaltim) Riza Indra Riadi mewakili Gubernur Kaltim membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten dan Kota se Kaltim Tahun 2022, yang digelar Badan Kesbangpol Provinsi Kaltim, di Syagi Cafe dan Resto Pulau Derawan Kabupten Berau, Selasa (22/3/2022).

"Prinsip-prinsip Kebhinnekaan dan Pancasila, dinilai selama ini telah mampu mempertahankan dan menjaga NKRI, maka Kebhinekaan dan Pancasila wajib kita jaga," pesan Riza dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

1. Kondisi situasi dan kondisi bangsa

Kaltim Meminta Warga untuk Menjaga Persatuan dan PancasilaIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Riza Indra Riadi mengatakan perkembangan situasi dan kondisi bangsa Indonesia saat ini, sedang diwarnai berbagai peristiwa sosial dan politik, yang dikhawatirkan bisa memecah belah kebersamaan, kebhinnekaan, rasa persatuan, dan kesatuan NKRI.

Menurut dia, kewaspadaan seluruh komponen anak bangsa diperlukan dalam menjaga persatuan dan kesatuan, khususnya menyongsong IKN maupun Pemilu 2024 mendatang.

2. Agar tidak mudah terprovokasi

Kaltim Meminta Warga untuk Menjaga Persatuan dan Pancasilagoodnewsfromindonesia.id

Karenanya semua pihak, khususnya masyarakat diminta untuk tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab yang dikhawatirkan bisa memecah belah bangsa.

"Perbedaan beragam yang dimiliki bangsa Indonesia perlu untuk disyukuri bersama. Karena diakui NKRI lahir dari perbedaan suku, bahasa, agama juga ras. Perbedaan yang ada di NKRI ini wajib dikelola dengan baik, sehingga persatuan dan kesatuan tetap terjaga. Di sinilah peran dan fungsi Badan Kesbangpol provinsi maupun kabupaten dan kota untuk terus melakukan pembinaan kepada seluruh lapisan masyarakat," pesan Riza.

Baca Juga: Pandemik COVID-19 di Kaltim Fluktuatif, Virus Masih Berbahaya

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya