Kaltim Mendukung Festival Perahu Layar Sandeq dalam Menyukseskan IKN

Festival melibatkan Kaltim dan Sulbar

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) siap mendukung dan menyukseskan agenda akbar Festival Sandeq 2022 dengan mengangkat tema "Indonesia Mendukung Ibu Kota Nusantara ( IKN)".

"Pemprov Kaltim tentu saja siap support kegiatan ini. Dalam rangka memperkenalkan Kaltim lebih luas termasuk IKN, serta yang paling penting, mengenalkan potensi daerah dan investasi," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Muhammad Faisal di Samarinda diberitakan Antara, Sabtu (27/8/2022).

1. Berlayar dari Sulbar dengan tujuan Balikpapan di Kaltim

Kaltim Mendukung Festival Perahu Layar Sandeq dalam Menyukseskan IKNPj Gubernur Sulbar, Akmal Malik dan panitia Festival Sandeq 2022 di Majene. Dok. IDN Times/Humas Pemprov Sulbar

Festival perahu layar tahunan yang melibatkan dua Provinsi yakni Sulawesi Barat (Sulbar) dan Kaltim. Para peserta lomba nantinya akan berlayar dari Tanjung Silopo, Sulbar menuju Balikpapan Kaltim pada 31 Agustus hingga 9 September 2022. 

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Kaltim, untuk turut berpartisipasi menyemarakkan festival bahari yang akan digelar di Kota Minyak, Balikpapan. 

"Jadi mari sama-sama seluruh masyarakat Kaltim mempersiapkan diri, kita manfaatkan kegiatan ini untuk ajang promosi dan marketing produk kita. Ayo dari sekarang, kita jaga kebersihan dan situasi kondusif kota," tambahnya. 

Baca Juga: Hujan Semalaman, Ketinggian Banjir di Balikpapan Mencapai 1,5 Meter

2. Perahu sandeq jadi kebanggaan warga Sulbar

Kaltim Mendukung Festival Perahu Layar Sandeq dalam Menyukseskan IKNPerahu sandeq warga Sulawesi Barat. Foto Instagram pejalan_polman

Menurut Faisal, Festival Sandeq juga menjadi dukungan simbolis dari seluruh provinsi di Indonesia dalam mendukung pembangunan IKN di Kaltim. Berdasarkan maknanya, sandeq merupakan perahu bercadik warisan astronesia yang sampai kini banyak digunakan oleh masyarakat Mandar, Sulbar. 

Warga setempat menyebutnya sande yang berarti tajam atau runcing. Sandeq merupakan salah satu perahu layar tercepat di dunia mampu melaju dengan kecepatan 20-30 knot atau setara dengan 50 kilometer (km) per jam.

Pada masa lampau, perahu sandeq digunakan untuk berdagang sampai ke Selat Malaka, Laut Sukuh, Papua, Jawa, serta menangkap ikan di laut lepas. 

3. Puluhan peserta yang mengikuti Festival Sandeq

Kaltim Mendukung Festival Perahu Layar Sandeq dalam Menyukseskan IKNPerahu sandeq warga Sulawesi Barat. Foto Instagram harnas.co

Festival Sandeq 2022 akan diikuti sebanyak 35 perahu sandeq terdiri atas 28 perahu sandeq jenis lomba dan 7 jenis sandeq klasik (dioloq). Setiap aandeq terdiri atas 8 awak (sawi) total sawi atau awak sandeq sebanyak 252 orang. 

Di Balikpapan, Festival Sandeq akan dirangkai dengan puncak acara Hari Olahraga Nasional (Haornas). 

Rencananya, agenda akbar ini akan dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) serta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Para gubernur seluruh Indonesia juga dijadwalkan hadir ke Balikpapan untuk menyemarakkan acara ini.

Baca Juga: Wali Kota Samarinda Bantah Soal Pemotongan Insentif Guru Honorer

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya