Kaltim Raih Kategori Terbaik BKN Award 2022

Instansi Badan Kepegawaian Daerah Kaltim

Samarinda, IDN Times - Kabar gembira bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Dalam BKN Award 2022, melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) berhasil meraih tiga kategori penghargaan yang diumumkan di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis (21/7/2022).

“Alhamdulillah kita meraih penghargaan nasional di tahun ini. Prestasi ini sekaligus modal kita untuk terus melakukan pembenahan agar kedepannya mendapatkan hasil yang lebih baik lagi,” kata Kepala BKD Provinsi Kaltim Diddy Rusdiansyah dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Senin (25/7/2022). 

1. Tiga kategori yang berhasil diraih Kaltim

Diddy menyebutkan, tiga kategori yang berhasil diraih Kaltim terdiri kategori Implementasi Manajemen ASN Terbaik. Kemudian peringkat satu kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Pegawai (Golongan Pemerintah Provinsi Tipe Kecil), dan peringkat empat kategori Penilaian Kompetensi (Golongan Pemerintah Provinsi Tipe Kecil).

Diddy berharap penghargaan tingkat nasional ini agar terus ditingkatkan oleh jajarannya, sekaligus berupaya dalam memberikan pelayanan kepegawaian terbaik bagi masyarakat.

“Dengan penghargaan nasional ini, artinya BKD semakin representatif. Kita terus berusaha dan tentunya ini menjadi motivasi untuk semua agar lebih baik lagi,” tambahnya.

Diketahui Badan Kepegawaian Negara (BKN) diberikan kewenangan melakukan pembinaan penyelenggaraan manajemen ASN secara nasional dan kembali memberikan penghargaan bagi instansi pemerintah pusat dan instansi pemerintah daerah melalui BKN Award 2022.

Baca Juga: Polresta Samarinda Lakukan Pengamanan Jalur yang Terendam Banjir

2. Penghargaan diberikan bagi instansi pemerintah yang dinilai telah berhasil

Kaltim Raih Kategori Terbaik BKN Award 2022Ilustrasi PNS (korpri.id)

Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN Satya Pratama menyampaikan, penghargaan diberikan bagi instansi pemerintah yang dinilai telah berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN di lingkupnya masing-masing. Mulai dari aspek pengadaan, proses bisnis kepegawaian, manajemen kinerja, penerapan Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK) hingga pemanfaatan layanan digital ASN.

Untuk kategori Instansi Pemerintah yang dinilai meliputi instansi pusat, yakni Kementerian dan Lembaga Negara/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) dan instansi daerah terdiri pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten serta pemerintah kota.

Penilaian BKN Award 2022 dibagi tiga kategori, yaitu kategori utama berupa Implementasi Manajemen ASN Terbaik. Kedua, kategori elemen implementasi manajemen ASN dan pemanfaatan sistem informasi yang mencakup Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian, Penilaian Kompetensi, Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja dan Penerapan Pemanfaatan Data-Sistem Informasi dan CAT.

3. Kategori special mention yakni pilot project SIASN

Kaltim Raih Kategori Terbaik BKN Award 2022Ilustrasi PNS (ANTARA FOTO/den)

Ketiga, kategori special mention yakni pilot project SIASN dan Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN.

“Ini merupakan tahun kedelapan sejak BKN Award diluncurkan pada 2015 dengan tujuan memacu kinerja K/L/D dalam melaksanakan implementasi manajemen ASN," ujarnya. 

Untuk pemenang BKN Award Tahun 2022 diumumkan dalam forum evaluasi pengelolaan manajemen kepegawaian se-Indonesia melalui Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2022 yang diselenggarakan secara hybrid, Kamis 21 Juli 2022.

Selain bentuk apresiasi atas komitmen penyelenggaraan manajemen ASN, pemberian BKN Award bagi pengelola kepegawaian di lingkup instansi pusat dan instansi daerah, diharapkan pemacu peningkatan kualitas pengelolaan ASN, khususnya mendukung sistem manajemen ASN berbasis sistem merit. 

Baca Juga: Ayah di Samarinda Tega Melakukan Pemerkosaan Terhadap Anak Kandungnya

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya