Kaltim Siap Migrasi Penyiaran dari Analog ke Digital

Kaltim menjalan program analog switch off

Samarinda, IDN Times - Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi salah satu dari 56 wilayah di Indonesia yang akan menjalankan program analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi analog yang akan dimulai pada 30 April 2022 untuk tahap pertama.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltim HM Faisal menegaskan Kalimantan Timur sudah siap dalam pelaksanaan migrasi penyiaran televisi dari analog ke digital ini.

“Secara prinsip Kaltim sudah siap dalam pelaksanaan migrasi penyiaran televisi ke digital atau ASO (Analog Switch Off). Atau disebut Digital Switch On,” kata Faisal kepada Tim Publikasi Adpimprov Kaltim dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Kamis (21/4/2022).

1. Kaltim dibagi menjadi 6 zona

Untuk tahap pertama ASO, jelas Faisal, Kalimantan Timur dibagi menjadi 6 zona. Namun memang yang ada penyiaran televisi ada di 2 zona. Yakni, zona 1 meliputi Samarinda, Bontang dan Kutai Kartanegara, kemudian zona 2 meliputi Balikpapan dan Penajam Paser Utara (PPU).

“Di Samarinda saja on digital sudah beberapa bulan ini, dan sekarang bisa nonton di 27 channel televisi. Sedangkan di Balikpapan sudah pula 25 channel dan akan terus bertambah. Kita bisa menikmati siaran yang bersih, jernih dan canggih,” jelasnya.

Baca Juga: Korban Terakhir, Ruko Terbakar di Samarinda Meninggal Dunia 

2. Siaran digital sudah bisa dinikmati

Kaltim Siap Migrasi Penyiaran dari Analog ke DigitalYouTube

Disebutkan, lembaga penyiaran lokal juga sudah beralih ke digital, walaupun ada juga yang menyetop penyiaran tidak mengikuti program ini sehingga berhenti total.

“Tapi yang di Bontang, Samarinda, dan Balikpapan sudah beralih ke digital, dan sudah bisa dinikmati siarannya,” sebutnya.

3. Masyarakat Kaltim diminta untuk mulai mencoba layanan siaran digital

Kaltim Siap Migrasi Penyiaran dari Analog ke DigitalIlustrasi ekonomi digital (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Faisal memberikan saran kepada masyarakat Kaltim yang berada di dua zona yang sudah memulai ASO atau digital switch on agar mencoba jika memang televisinya sudah digital atau ada fasilitas DTV..

“Dengan cukup memakai antena luar saja lakukan searching seperti biasa, maka dapat menikmati siaran digital gratis. Jika memang masih belum DTV, maka membutuhkan alat tambahan Set Top Box (STB) yang sudah banyak dijual. Jangan lupa cek yg berlabel Kominfo dan ada fasilitas early warning system nya,” pungkasnya.

Baca Juga: Komplotan Gendam di Samarinda, Diringkus Polisi saat Mencari Korban

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya