Kantor Bahasa Kaltim Merevitalisasi Bahasa Kenyah di Mahulu

Menjaga warisan budaya leluhur

Samarinda, IDN Times - Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menjalin kemitraan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Mahakam Ulu dalam rangka revitalisasi bahasa daerah (RBD) 2023. Khususnya bahasa Kenyah yang menjadi bahasa lokal masyarakat Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu).

"Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Mahulu untuk melaksanakan RBD di wilayah Mahulu," kata perwakilan dari Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur Ali Kusno diberitakan Antara di Samarinda, Sabtu (11/2/2023). 

1. Kegiatan RBD akan dilaksanakan di tiga wilayah Mahulu

Kantor Bahasa Kaltim Merevitalisasi Bahasa Kenyah di MahuluMasyarakat Dayak Kenyah Oma Lung di Setulang (instagram.com/setulang)

Ali Kusno mengatakan kegiatan RBD akan dilaksanakan di tiga wilayah, yakni Datah Bilang, Rukun Damai, dan Batu Majang. Selain kegiatan tersebut, pihaknya juga akan membantu Diknas Mahulu untuk mendapatkan bantuan buku bacaan bagi para siswa yang berdomisili di wilayah termuda Provinsi Kaltim tersebut.

"Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur dan Komunitas Literasi agar dapat membantu bahan bacaan dan sarana pendukung lainnya untuk Dinas Pendidikan Mahulu," jelasnya.

Ali Kusno mengaku bersyukur karena telah mendapat konfirmasi persetujuan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim untuk membantu buku bacaan. "Dinas Perpustakaan berencana menyerahkan bantuan ke Kabupaten Mahakam Ulu sejumlah 1.400 eksemplar (700 judul) yang akan didistribusikan ke Long Apari, Mahakam Ulu, yakni Long Pananeh II, Long Penaneh III, dan Long Apari," jelasnya.

Baca Juga: Warung Kopi Haji Acut yang Melegenda Tiga Generasi di Samarinda

2. Pemkab Mahulu siap menyukseskan RBD 2023

Kantor Bahasa Kaltim Merevitalisasi Bahasa Kenyah di MahuluIlustrasi batu dinding di Mahakam Ulu (Dok.IDN Times/Istimewa)

Samson Batang selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mahakam Ulu, menyambut baik dan akan melakukan persiapan untuk menyukseskan RBD 2023 tersebut, dengan harapan bahasa daerah di Mahakam Ulu dapat terus berkembang dan kembali digemari generasi muda.

" Kami ucapkan terima kasih atas kegiatan ini, khususnya adanya bantuan buku bacaan untuk para siswa kami, terus terang memang di daerah kami sangat sedikit buku bacaan untuk para siswa," kata Samson.

3. Kantor Bahasa Kaltim siap mendampingi dalam pengembangan kamus tata bahasa daerah

Kantor Bahasa Kaltim Merevitalisasi Bahasa Kenyah di MahuluInstagram.com/Iphoelll

Di tempat yang sama Aminuddin Rifai perwakilan dari Kantor Bahasa Provinsi Kaltim menambahkan, Kantor Bahasa Provinsi Kaltim siap bermitra dan memberikan pendampingan pengembangan kamus dan tata bahasa daerah sebagai penunjang muatan lokal yang akan segera diterapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Mahakam Ulu.

Baca Juga: Instalasi Kedokteran Nuklir di RS AW Sjahranie Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya