Kronologi Kecelakaan Maut di Tanjakan Mal Rapak Balikpapan

Truk kontainer mengalami rem blong, lima orang tewas

Balikpapan, IDN Times - Kecelakaan maut kembali terjadi di tanjakan Mal Muara Rapak di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim), Jumat (21/1/2022) pukul 06.19 Wita. Lokasi ini memang kerap terjadi kecelakaan serupa di mana truk kontainer mengalami rem blong berujung jatuhnya korban jiwa. 

Sama juga kali ini, truk kontainer sarat muatan diduga mengalami permasalahan rem blong hingga melibas 20 kendaraan roda dua maupun empat tepat berada di depannya. 

Laporan dari polisi sementara ini disebutkan ada lima orang meninggal dunia. Berikut kronologi kecelakaan maut di Tanjakan Mal Rapak Balikpapan.

1. Kronologi kecelakaan di Tanjakan Mal Rapak Balikpapan

Kronologi Kecelakaan Maut di Tanjakan Mal Rapak BalikpapanKecelakaan maut di perempatan jalan di Mal Muara Rapak Balikpapan Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022). Foto istimewa

Kejadian bermula saat truk tronton sarat muatan warna merah bernomor polisi KT 8534 AJ dikemudikan Muhammad Ali (48) menuju simpang lima lampu traffic light Muara Rapak Balikpapan. Sopir ini merupakan warga Jalan Tanjungpura Kelurahan Telaga Sari, Balikpapan Kota. 

Truk bermuatan kontainer 20 fit yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton itu hendak menuju Kampung Baru. Namun, saat melintas di Km 0,5 tepatnya di depan  Toko Rajawali Foto, mendadak sistem pengereman truk bermasalah. 

Sopir pun berusaha mengurangi kecepatan dengan mengganti tuas gigi persneling dari 4 menjadi 3. Tujuannya guna memperlambat kecepatan laju truk.  

Puncaknya saat melintasi Kantor Bank Mandiri Muara Rapak di mana sistem pengereman truk gagal total. Truk maut tersebut meluncur dengan kecepatan sangat tinggi menuju kerumunan antrean kendaraan roda empat dan roda dua di traffic light Mal Plaza Muara Rapak Balikpapan.  

“Posisi pada saat itu lampu merah, jadi kendaraan banyak berhenti menunggu lampu hijau,” ujar salah seorang warga di lokasi kejadian.

Baca Juga: [BREAKING] Kecelakaan Maut di Tanjakan Mal Rapak, Belasan Pengendara Jadi Korban

2. Belasan kendaraan dihantam truk maut ini

Kronologi Kecelakaan Maut di Tanjakan Mal Rapak BalikpapanKecelakaan maut di perempatan jalan di Mal Muara Rapak Balikpapan Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022). Foto istimewa

Truk maut menghantam bebas setiap kendaraan roda dua dan roda empat berada di depannya. Tercatat sebanyak 14 sepeda motor dan 6 mobil yang dihajar truk kontainer nahas ini. 

Bahkan dalam rekaman kamera CCTV Dinas Perhubungan Balikpapan menampilkan detik-detik truk menerjang dengan kecepatan tinggi. Tampak salah satu korban, mobil Daihatsu Ayla warna merah melambung tinggi diseruduk truk tersebut. 

Informasinya, di dalam mobil terdapat tiga penumpang menjadi korban. 

Dari data sementara yang dihimpun ada lima orang meninggal dunia dalam insiden tersebut, empat orang luka berat dan puluhan lainnya luka ringan.

Tim gabungan pun langsung turun ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi para korban.

3. Truk mengalami rem blong

Kronologi Kecelakaan Maut di Tanjakan Mal Rapak BalikpapanSopir truk maut bernama Muhammad Ali dalam kecelakaan maut di perempatan jalan Mal Muara Rapak Balikpapan, Jumat (21/1/2022). Foto istimewa

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kaltim Komisaris Besar Pol Sony Irawan mengatakan, peristiwa nahas tersebut diduga karena permasalahan rem blong. Perwira ini turun langsung ke lapangan guna memantau situasi kecelakaan. 

"Berdasarkan hasil rekaman CCTV kemungkinan remnya blong. Pada saat kondisi lampu merah ada beberapa kendaraan roda empat kalau ngak salah 5 sampai 6 motor dan beberapa kendaraan motor. Sehingga pada saat blong langsung menabrak beberapa roda dua di depannya serta beberapa mobil sehingga kendaraan kontainer melaju ke depan hingga ke samping Masjid Al-Munawar," terangnya. 

Polisi mendata setidaknya terdapat lima orang yang meninggal dunia dari kejadian ini. Namun pihaknya masih terus melakukan pengecekan ke beberapa rumah sakit yang menjadi rujukan.

"Data yang kami terima, ini anggota masih lakukan pengecekan di setiap rumah sakit. Data sementara korban yang meninggal dunia ada 5, yang luka-luka masih kami dalami semua," paparnya.

Sony mengatakan dalam kejadian ini pihaknya langsung melakukan tindakan pertama yakni mengevakuasi dan penyelamatan korban. Kemudian mengevakuasi kendaraan agar tidak terjadi kemacetan lalu olah di TKP.

Pasca kejadian itu, arus lalu lintas pun sempat dialihkan untuk dilakukan evakuasi kendaraan. Adapun untuk truk maut sendiri saat ini masih berada di sisi Masjid Al-Munawar dan masih ada satu kendaraan roda dua di bawahnya. 

Baca Juga: [BREAKING] Sopir Truk Laka Maut Diamankan, 5 Orang Dinyatakan Meninggal

Topik:

  • Sri Wibisono
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya