Lebaran, Stok Bahan Pokok di Kaltim Aman hingga 1,5 Bulan ke Depan

Sebagian harga sembako turun harganya

Samarinda, IDN Times - Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) HM Yadi Robyan Noor mengatakan, masyarakat patut bersyukur dan bahagia, karena hingga hari ke-5 Idul Fitri 1443 H. Secara umum persediaan barang kebutuhan pokok sangat aman hingga 1,5 bulan ke depan.

"Persediaan bahan pokok terpantau stabil dan aman," kata Roby dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Jumat (6/5/2022).

1. Harga bahan pokok aman dan terjangkau

Harga rata-rata bahan pokok secara keseluruhan, juga aman dan terjangkau. Namun diakui Roby, harga minyak goreng curah masih di atas harga eceran tertinggi (HET) Rp14 ribu per kilogram. Demikian juga harga daging sapi, daging ayam, dan telur ayam.

Menurut Roby, kenaikan harga lebih banyak disebabkan oleh naiknya konsumsi masyarakat yang mencapai 30-40 persen selama menjelang lebaran.

"Selain itu, membaiknya daya beli masyarakat ikut memberi pengaruh faktor dari pertumbuhan ekonomi yang terus bergerak positif seiring melandainya COVID-19," beber mantan Karo Humas Setda Provinsi Kaltim itu.

Baca Juga: Hardiknas, Momentum untuk Meningkatkan Kualitas SDM Kaltim

2. Harga bahan pokok sebagian turun

Lebaran, Stok Bahan Pokok di Kaltim Aman hingga 1,5 Bulan ke DepanIlustrasi minyak goreng (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Meski permintaan meningkat di masa lebaran, sejumlah bahan pokok justru mengalami penurunan harga. Data per Jumat, 6 Desember 2022 misalnya harga beras medium turun menjadi Rp11.150 per kg. Minggu lalu harganya masih sekitar Rp11.400 dan bulan lalu Rp11.543.

Beras premium hari ini dibanderol Rp13.300 per kg, minggu lalu Rp13.459 dan bulan lalu masih Rp 13.601.

Harga minyak goreng juga mengalami penurunan dibanding harga pekan lalu. Minyak goreng kemasan premium dijual dengan harga Rp28.500 per liter, sementara minggu lalu dijual Rp29.100 per liter.

Minyak goreng kemasan sederhana hari ini dijual Rp20.800 per liter, sedangkan pekan lalu masih dipatok dengan harga Rp24.833 per liter. Minyak goreng curah juga mengalami penurunan dari pekan lalu Rp20.217 per liter, hari ini sudah dijual dengan harga Rp18.750 per liter.

3. Harga bahan pokok yang naik harganya

Lebaran, Stok Bahan Pokok di Kaltim Aman hingga 1,5 Bulan ke Depanilustrasi tempat penjual daging sapi (Unsplash.com/毛 祥)

Sedangkan bahan pokok lain yang masih mengalami kenaikan harga antara lain daging sapi, daging ayam, telur, dan kedelai. Kedelai hari ini dijual Rp15.000 per kg, di mana minggu lalu masih Rp14.660 per kg. Daging sapi hari ini dijual dengan harga Rp161.000 per kg. Minggu lalu daging sapi masih dijual di harga Rp150.262 per kg.

Daging ayam hari ini dijual dengan harga Rp41.000 per kg, pekan lalu Rp40.722 per kg. Sedangkan telur ayam yang minggu lalu masih dijual Rp27.673 per kg, hari ini naik jadi Rp29.500 per kg.

Fluktuasi harga di sejumlah daerah juga terjadi akibat kendala distribusi logistik ke wilayah barat dan utara Kaltim karena adanya kerusakan dan perbaikan jalan trans Kalimantan. Sehingga memerlukan waktu tempuh yang lebih lama. Kenaikan harga BBM juga ikut mempengaruhi karena banyak truk pengangkut bahan pokok harus antre berjam-jam.

"Yang pasti stok aman per komoditas hingga 1,5 bulan ke depan. Kami harap masyarakat tetap tenang dan bijak saat berbelanja," pungkas Roby. 

Baca Juga: Lokasi IKN Nusantara yang Jadi Destinasi Wisata Warga Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya