Memasak Mi Instan, Rumah di Tarakan Ludes Terbakar

Korban sedang memasak mi instan

Balikpapan, IDN Times - Bencana kebakaran melanda Kota Tarakan Kalimantan Utara (Kaltara), Selasa (1/2/2022). Kali ini  si jago merah membara di rumah milik Mawi Jalan Damai Bhakti RT 16 Kelurahan Karang Harapan Tarakan pukul 15.00 Wita. 

Api diduga berasal dari kompor dapur yang dibiarkan pemiliknya saat memasak mi instan. 

"Sebelumnya saya sedang masak mi instan, kemudian saya tinggal sebentar ke luar rumah," katanya ditemui seusai kebakaran rumahnya. 

1. Mendengar ledakan dari dalam rumah

Memasak Mi Instan, Rumah di Tarakan Ludes TerbakarKebakaran rumah warga saat memasak mi instan di Tarakan Kalimantan Utara, Selasa (1/2/2022). Foto istimewa

Mawi mengaku mendengar suara ledakan sesaat meninggalkan kompor dalam kondisi menyala. Saat diperiksa, ia pun menyaksikan kobaran api sudah membesar membakar sebagian area dapur hingga merambat ke ruangan lain. 

"Ada suara ledakan dan api langsung membesar, baru setelah itu warga berdatangan mencoba membantu memadamkan kobaran api," ungkapnya. 

Kobaran api dengan cepat merambat ke seluruh bagian rumah. Dalam insiden kebakaran ini tidak banyak barang-barang berharga yang bisa diselamatkan.

Kobaran api saat itu dengan cepat merambat bagian rumah lainnya hingga rata dengan tanah.

"Tidak banyak yang bisa saya selamatkan, kan rumah saya terbuat dari kayu jadi api dengan cepat melahap setiap sudut bangunan," tuturnya.

Baca Juga: Gubernur Kaltara Meminta Warga Waspada dengan Varian Omicron

2. Petugas Pemadam Kebakaran Tarakan turun ke lokasi

Memasak Mi Instan, Rumah di Tarakan Ludes TerbakarKebakaran rumah warga saat memasak mi instan di Tarakan Kalimantan Utara, Selasa (1/2/2022). Foto istimewa

Sementara itu, Kepala Satpol PP dan dan Pemadam Kebakaran Kota Tarakan Hanip mengaku menerima laporan kebakaran di Kelurahan Karang Harapan. Personel pemadam kebakaran juga sudah diterjunkan guna membantu proses penyelamatan. 

"Iya, benar, kita dapat laporan dari warga ada kebakaran sekitar pukul 15.00 Wita, usai menerima laporan tim langsung diterjunkan untuk proses pemadaman," bebernya.

Hanip menjelaskan, untuk melakukan proses pemadaman api, petugas menerjunkan dua regu tim pemadam.

3. Proses penyelidikan diserahkan kepada kepolisian

Memasak Mi Instan, Rumah di Tarakan Ludes TerbakarKebakaran rumah warga saat memasak mi instan di Tarakan Kalimantan Utara, Selasa (1/2/2022). Foto istimewa

Selain dari petugas pemadam, lanjut Hanip, proses pemadaman juga dibantu warga sekitar dan instansi lainnya, yang memiliki peralatan pemadam kebakaran.

Sehingga, proses pemadamannya berjalan lancar dan cepat.

"Jadi proses pemadaman kurang lebih 35 menit, setelah api berhasil dipadamkan  langsung dilakukan proses pendinginan," jelas Hanip.

Disinggung penyebab terjadinya kebakaran, Hanip menerangkan, berdasarkan keterangan pemilik rumah disebabkan dari kompor dalam kondisi menyala yang ditinggalkan keluar rumah.

"Jadi, korban ini sedang masak mi instan, saat kompor menyala korban meninggalkan kompornya sebentar untuk keluar rumah. Tapi untuk penyebab pastinya nanti dari pihak kepolisian yang sampaikan setelah dilakukan penyelidikan," pungkasnya.

Baca Juga: Kaltara Siap Mendukung Kota Nusantara sebagai Provinsi Penyangga IKN

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya