Mendorong Destinasi Gunung Embun sebagai Pariwisata di Kaltim

Mencontoh Bali dan Yogjakarta dalam kembangkan wisata

Paser, IDN Times - Staf Khusus Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Prof Dr H Heflin Frinces menegaskan, bagaimana konsep Yogyakarta dan Bali mampu meningkatkan sektor pariwisata mereka.

"Kuncinya adalah air, listrik dan jalan," kata Heflin Frinces di sela-sela Kunker Gubernur Kaltim Isran Noor ke wilayah Selatan beberapa pekan lalu dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Selasa (16/11/2021). 

1. Kunci sukses dilakukan Bali dan Yogjakarta

Artinya, jika Kaltim ingin sukses pariwisatanya, maka harus dipikirkan ketersediaan listrik, air dan infrastruktur (jalan) akses menuju lokasi wisata itu.

Contohnya, objek wisata Gunung Embun, Desa Luan Muara Samu, Kabupaten Paser. Apabila, tidak didukung tiga kunci (air, listrik, akses jalan), maka sulit untuk pengembangannya.

"Kita harus terus berupaya keras melengkapi berbagai fasilitas pendukung di kawasan-kawasan wisata. Karena, Gunung Embun potensi besar bagi Kaltim," sebutnya.

2. Potensi alam dimiliki Kaltim

Menurut Heflin, potensi yang dimiliki Kaltim sudah sangat bagus. Bahkan, siapa saja yang mengunjungi pasti mengakui hal itu. Karenanya, infrastruktur jalan terlebih dulu diperbaiki. Selanjutnya, listrik dan air, serta fasilitas lainnya.

"Pola pengembangan ini juga dilakukan Negara China membangun objek wisata mereka. Bahkan, puluhan tahun mereka tidak maju-maju. Tetapi, berkat adanya infrastruktur jalan, meski tak berpenduduk saat itu. Alhasil, sekarang semakin maju. Inilah yang harus dilakukan Kaltim," tegasnya.

3. Infrastruktur jalan

Bagi Heflin, apabila infrastruktur jalan sudah baik, listrik dan air juga sudah ada. Maka, wisatawan banyak berkunjung, juga investor akan tertarik berinvestasi.

"Kalau jalan bagus, siapa saja akan senang datang. Meski jauh, pasti dikunjungi. Ditambah lagi ada listrik dan air. Karena itu, semua pihak wajib terlibat dalam pembangunan wisata di Kaltim, terkhusus pemerintah pusat dan pengusaha," harapnya.

Baca Juga: Polda Kaltim akan Tindak Aksi Penutupan Jalan Tol di Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya