Mengintip Keindahan Suasana Natal Kampung Toraja di Samarinda

Toleransi umat beragama di Samarinda

Samarinda, IDN Times - Salah satu kampung permukiman warga di Samarinda seberang, terlihat terang benderang lantaran ramainya hiasan lampu berbentuk pohon Natal di depan teras-teras warga.

Pemandangan menarik itu hanya terjadi pada saat menjelang Natal.

“Dulu sih belum ada yang seperti ini, nah pas pandemik, karena kami tidak bisa keluar rumah, kami coba untuk berkreasi saja di rumah. Puji Tuhan ya, tahun ini ratusan hiasan pohon lampu bisa meramaikan Natal di kampung,” kata Rita, salah seorang warga di Kampung Toraja Rapak Dalam Samarinda Seberang di Kalimantan Timur (Kaltim), Sabtu (25/12/2021). 

1. Kemilau lampu pohon Natal jadi pusat perhatian

Mengintip Keindahan Suasana Natal Kampung Toraja di SamarindaANTARA FOTO/Arnas Padda

Hiasan lampu berbentuk pohon Natal yang dibuat oleh warga Kampung Toraja yang berada di Jalan Manunggal Gang Mandiri RT 07 Kelurahan Rapak Dalam Kecamatan Loa Janan Ilir itu mendapat perhatian warga kampung sekitar.

Dalam pantauan IDN Times di lapangan, warga berbondong-bondong mendatangi Kampung Toraja. Selain ingin melihat langsung keindahan ratusan pohon Natal yang berkilauan di malam hari ini, banyak warga juga yang tak ingin kehilangan momen dengan berfoto di sana.

“Puji Tuhan ya, setiap Natal, banyak warga yang berkunjung. Meskipun hanya mau foto-foto saja,” ungkap Rita.

Baca Juga: Karier Politik Andi Harun hingga Terpilih Menjadi Wali Kota Samarinda

2. Kampung Toraja terang karena inisiatif anak muda

Mengintip Keindahan Suasana Natal Kampung Toraja di SamarindaIlustrasi Natal. (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Saat ini, hampir seluruh warga masyarakat setempat memasang pohon Natal mereka di depan rumah mereka masing-masing. Alhasil, kampung ini terlihat sangat cantik pada malam hari.

Dengan keindahan lampu pohon Natal itu, banyak wisatawan yang datang untuk sekadar menikmati keindahan kerlap-kerlip lampu dari ratusan pohon Natal tersebut.

Ketua RT 07 Yuliana Tumonglo menerangkan, sejak 2019 lalu warga setempat menghiasi rumah mereka dengan pohon Natal ini.

"Ada 220 KK di wilayah RT 07. Mayoritas memang beragama Kristen. Jadi kalau Natal yah begini, semua pasang pohon Natal di depan rumah," terangnya.

Yuliana menerangkan, inisiatif awal memang dari pemuda pemuda Toraja setempat.

3. Wabah Covid-19 tak lemahkan semangat untuk tetap melakukan perayaan.

Mengintip Keindahan Suasana Natal Kampung Toraja di SamarindaKeindahan perayaan Natal di Kampung Toraja Samarinda Kalimantan Timur, Sabtu (25/12/2021). (IDN Times/Nina)

Wabah virus Corona masuk ke Kota Samarinda dan membuat segala aktivitas terbatas.

"Bahkan saat itu (2019) kita salaman aja enggak boleh. Ibadah enggak boleh. Jadi benar-benar sepi rasanya," kenang Yuliana.

Oleh sebab itu, pemuda setempat mulai berinisiatif untuk membuat pohon Natal dengan bahan seadanya dari kayu bekas dan lampu Natal.

"Referensinya dari Youtube. Jadi mau ngikutin ala barat kalau Natal kan rumahnya sangat indah dengan hiasan lampu," tuturnya.

Satu jadi, semua akhirnya semua warga mengikuti bagaimana cara mereka merayakan Natal selama 2 tahun ini. 

"Walaupun tidak bisa bertemu secara langsung, tapi dengan ratusan pohon Natal yang ada, kami jadi tahu bahwa Natal tetap di hati, dan kami tetap bersukacita," Imbuh Ketua RT 07 ini.

Penasaran, silakan langsung menyaksikan langsung keindahan suasana Natal di perkampungan Samarinda Seberang ini.

Baca Juga: Liburan Nataru, Traffic Tol Balikpapan-Samarinda Melonjak 100 Persen

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya