Neni Moerniaeni, Perempuan Pertama Menjabat Wali Kota di Bontang

Pertama kali juga di Kalimantan Timur

Bontang, IDN Times - Kota Bontang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Kota ini berjarak lebih dari 100 kilometer dari Kota Samarinda. Kota Bontang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Timur di sebelah utara dan sebelah barat, Kabupaten Kutai Kartanegara di sebelah selatan dan Selat Makassar di sebelah timur serta memiliki letak geografis 0.137° LU dan 117.5° BT.

Meskipun jarang didengar, kota ini berdiri tiga perusahaan besar di bidang yang beragam, ada Perusahaan Badak NGL yang mengelola gas alam, Perusahaan Pupuk Kalimantan Timur yang mengelola berbagai pupuk, dan Perusahaan Indominco Mandiri yang mengelola batu bara.

Tak cukup sampai disitu, kota ini memiliki kawasan industri petrokimia yang bernama Kaltim Industrial Estate. Dapat disimpulkan bahwa Kota Bontang merupakan kota yang fokus di bidang industri, bidang jasa, serta bidang perdagangan.

Setelah sedikit mengenal tentang Kota Bontang, saatnya mengenal tentang Wali Kota Bontang. Berikut merpakan biodatanya.

1. Biodata Umum

Wali Kota Bontang bernama Neni Moerniaeni Sp.OG. Beliau lahir di Jakarta pada 30 Juli 1960 yang berarti sekarang ia berusia 61 tahun.

Ia adalah seorang istri dari mantan Wali Kota Kota Bontang periode 2001-2011 yaitu dr  Andi Sofyan Hasdam, Sp. S. dan pasangan Neni-Andi telah dikaruniai 3 orang anak.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Malam yang Hits di Bontang

2. Dasar pendidikan seorang dokter

Neni Moerniani bersekolah dasar di SD Rawa Kemiri Jakarta pada tahun 1967 hingga tahun 1973. Lalu, ia melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 66 Jakarta pada tahun 1973 hingga tahun 1975.

SMA I Makassar adalah sekolah menengah akhirnya yang ia tempuh pada tahun 1976 hingga tahun 1979. 

Tak sampai disitu, ia melanjutkan pendidikannya dengan mencapai Strata 1 di Fakultas Kedokteran di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 1979 hingga tahun 1989. Terakhir, ia menempuh pendidikan OBSGYN di Universitas Hasanuddin Makassar pada tahun 1994 hingga tahun 1998.

3. Pengalaman

Neni Moerniani memiliki sangat banyak pengalaman. Itu karena ia pernah menjadi politikus, dokter, dan dosen hingga menjabat Wali Kota Bontang periode 2016 hingga 2021 yang menggantikan posisi Adi Darma setelah terpilih dalam Pilkada Bontang 2015 dan berpasangan dengan Wakil Wali Kota Basri Rase. 

Sedikit membahas mengenai kisah hidupnya, Neni Moerniaeni pernah menjadi ketua PKK Kota Bontang pada tahun 2001 hingga tahun 2010. Kemudian, ia pernah menjabat sebagai DP II Partai Golkar, Ketua Bontang.

Selain itu, Neni Moerniaeni aktif dalam kegiatan organisasi kemasyarakatan sebagai ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Bontang karena ia memiliki pengalaman di Short Course Disabilities di New Zealand pada tahun 2003. Hal itu membuat Neni Moerniaeni menjadi Ketua di Forum Pemberdayaan Penyandang Cacat Bontang.

Karir Neni Moerniaeni lainnya adalah menjadi dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman, menjadi dokter umum di Rumah Sakit Umum Wahab Samarinda pada tahun 1989 dan berlangsung selama kurang lebih 9 tahun.

Itulah biodata mengenai Wali Kota Bontang yang merupakan sosok hebat dengan penuh pengalaman. Mulai dari organisasi, politik, hingga berkarier di dunia pendidikan.

Semoga informasi dan biodata yang diberikan dapat memotivasi dan menginspirasi pembaca. 

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik tentang Kota Bontang di Kalimantan Timur

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya