Payung Pertahanan Udara untuk Ibu Kota Negara Nusantara

TNI AU mensurvei lokasi pertahanan udara

Samarinda, IDN Times - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor menerima kunjungan perdana Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Dhomber Kolonel Pnb Sidik Setiyono. Danlanud Dhomber pengganti Kolonel Pnb Dedy Susanto itu resmi menjabat sejak 25 Januari 2022.

“Terima kasih sekali Pak Gubernur, pagi ini sudah berkenan menerima kunjungan kami,” kata Kolonel Sidik Setiyono di ruang kerja Gubernur Isran Noor dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Senin (21/3/2022).

1. TNI AU berterima kasih pada Pemprov Kaltim

Sebagai komandan baru di Lanud Dhomber, Sidik Setiyono menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Pemprov Kaltim terhadap Lanud Dhomber melalui sinergi para seniornya. Dia sangat berharap, kerja sama baik yang sudah terjalin selama ini dapat terus ditingkatkan.

Perwira menengah TNI Angkatan Udara kelahiran Kebumen ini juga menegaskan dukungan untuk menyukseskan pembangunan Kaltim.

“Apalagi Kaltim dalam proses menuju Ibu Kota Nusantara (IKN). Kami siap membantu dan mendukung, Pak Gubernur,” tegas Sidik.

Baca Juga: Polda Kaltim akan Tindak Aksi Penutupan Jalan Tol di Kaltim

2. TNI AU sedang survei paling cocok

Payung Pertahanan Udara untuk Ibu Kota Negara NusantaraSejumlah alat berat membuka akses jalan di lokasi segmen tiga di kawasan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Dia menambahkan, Mabes TNI AU saat ini sedang melakukan survei-survei ke sejumlah titik lokasi untuk menentukan lokasi pangkalan udara yang dipersiapkan untuk pengamanan ibu kota negara. Saat ini baru dilakukan survei dan belum penetapan lokasi.

“Ibu kota negara juga harus dipayungi pertahanan udara yang kuat. Jadi akan dibangun pangkalan udara di sekitar IKN dengan gelar senjata pertahanan udara,” imbuhnya.

3. Gubernur Kaltim terbuka dengan koordinasi

Payung Pertahanan Udara untuk Ibu Kota Negara NusantaraPresiden Joko Widodo tiba di Bandara Sepinggan Balikpapan, Minggu (14/3/2022). Foto Sekretariat Kepresidenan

Gubernur Isran sendiri mengaku sangat terbuka dengan koordinasi dan komunikasi dari Danlanud Dhomber.

“Silakan koordinasi di lain waktu. Jangan segan-segan hubungi saya. Cuma jangan marah kalau saya agak lambat membalas. Maklum saya cuma jongos. Mungkin masih melaksanakan perintah sana dan sini,” canda Gubernur Isran.

Saat kunjungan itu, Danlanud Dhomber Kolonel Sidik Setiyono didampingi Kadislog Letkol Kal Kuswanto dan Dansatpom Mayor Eko Zain Kusnandar. Sedangkan Gubernur Isran Noor didampingi Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Deni Sutrisno. 

Baca Juga: Perwakilan Kaltim Masuk dalam Otorita IKN Nusantara Masih Misteri

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya