Pembangunan IKN Menjadi Daya Tarik Investasi di Kaltim

Realisasi investasi sudah mencapai Rp12,1 triliun

Samarinda, IDN Times - Sesuai data Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kalimantan Timur (Kaltim), target realisasi investasi tahun 2022 ditetapkan pencapaiannya sebesar Rp54 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP Kaltim Puguh Harjanto menjelaskan pada triwulan II (April-Juni) tahun ini tercatat realisasi investasi mencapai angka Rp12,1 triliun.

"Dan realisasi penanaman modal asing (PMA) sebesar US$ 227,5 juta atau sebesar Rp3,26 triliun untuk 173 proyek," sebut Puguh Harjanto di sela-sela High Level Meeting Regional Investor Relations Unit (HLM-RIRU) Provinsi Kaltim Tahun 2022 dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Rabu (9/11/2022). 

1. Realisasi investasi di Kaltim

Realisasi investasi terbagi untuk realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp 8,83 triliun terdiri 917 proyek. Capaian realisasi investasi pada triwulan kedua tahun ini mengalami peningkatan sekitar 29,26 persen dari Rp12,1 triliun, jika dibandingkan triwulan kedua tahun 2021 yang hanya Rp8,56 triliun.

Sedangkan jika dibandingkan dengan target realisasi investasi tahun ini yang sebesar Rp54 triliun, maka sudah mencapai 50,10 persen.

"Peluang investasi di Kaltim terbuka lebar terkait proyek-proyek pembangunan infrastruktur dan proyek unggulan daerah," ujarnya. 

Baca Juga: Pelabuhan Samarinda Sudah Kapalkan Ekspor Nonmigas Rp107,7 Triliun

2. Promosi ditingkatkan untuk pengembangan kawasan

Pembangunan IKN Menjadi Daya Tarik Investasi di KaltimSebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Untuk itu, lanjutnya, promosi terus ditingkatkan untuk pengembangan kawasan ekonomi khusus, kawasan industri dan perdagangan. 

"Begitu pula mekanisme kerja sama dalam dan luar negeri serta kemudahan perizinan," ungkapnya.

Saat ini, Puguh mengakui pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah bergerak secara bertahap hingga tuntas pada 2045 seperti yang ditargetkan pemerintah. 

3. Progres pembangunan IKN yang terus berjalan

Pembangunan IKN Menjadi Daya Tarik Investasi di KaltimSejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Diperkirakan, ungkapnya, IKN akan mulai tampak jelas setelah terbangunnya infrastruktur jalan-jalan, gedung-gedung dan Istana Presiden, termasuk mulai dipindahkannya ASN dan TNI/Polri ke IKN pada 2024 yang akan datang.

Saat itulah menurut Puguh, mobilitas di IKN akan semakin meningkat tajam dan mendapat perhatian masyarakat Indonesia, bahkan dunia. 

"Ketika ini saja sudah mulai berdatangan investor luar negeri yang menawarkan berbagai bidang investasi," pungkas Puguh.

Baca Juga: BNN Resmikan Laboratorium Narkotika di Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya