Pembangunan IKN Nusantara akan Membawa Perubahan bagi Kaltim

Mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat

Samarinda, IDN Times - Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kalimantan Timur (Kaltim) Riza Indra Riadi mengatakan, pemerintah sudah menetapkan Penajam Paser Utara-Kutai Kartanegara sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Untuk itu, dia mengajak bersama-sama memberikan dukungan dalam proses pembangunannya.

“Pembangunan IKN di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara akan membawa perubahan besar," katanya dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, beberapa hari lalu. 

1. Penetapan IKN akan memberikan dampak signifikan bagi daerah

Riza mengatakan, penetapan IKN Nusantara bisa memberikan dampak yang signifikan bagi daerah. Bukan saja mendorong pertumbuhan ekonomi akan tetapi pemindahan IKN ini diyakini memberikan perubahan pembangunan bukan saja kabupaten dan kota di Kaltim, tetapi juga Kalimantan bahkan Indonesia.

Riza menambahkan, pemindahan IKN ke Kaltim akan membawa perubahan yang sangat luar biasa, seperti adanya pembangunan infrastruktur jalan yang dulunya statusnya jalan provinsi dan kabupaten, akan diubah statusnya menjadi jalan nasional.

Baca Juga: Masa Depan Balikpapan dan Samarinda sebagai Triangle Cities IKN

2. Penyesuaian status infrastruktur jalan di Kaltim

Pembangunan IKN Nusantara akan Membawa Perubahan bagi KaltimIlustrasi pembangunan infrastruktur tol trans Sumatra (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Infrastruktur jalan di Kaltim tentunya akan disesuaikan dengan perubahan status ini.

“Itu artinya, jalan-jalan yang statusnya jalan provinsi dan kabupaten, semua akan diambil alih negara. Insya Allah, daerah kita akan semakin maju dalam pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan menuju kawasan IKN,” tandasnya.

Pembangunan IKN, lanjut Riza, akan membawa perubahan pembangunan semakin pesat seperti DKI Jakarta memacu pembangunan di Bekasi, Tangerang Selatan juga Depok terus maju.

“IKN harus kita dukung dan dorong agar percepatan pembangunan segera terwujud, karena akan membawa perubahan yang sangat luar biasa,” ujarnya.

3. Anggaran APBD Kaltim diprediksi akan meningkat drastis

Pembangunan IKN Nusantara akan Membawa Perubahan bagi KaltimSejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Selain memberikan dampak signifikan terhadap berbagai sektor pembangunan dan perekonomian, keberadaan IKN juga akan meningkatkan APBD yang hanya Rp10 sampai Rp12 triliun setiap tahun.

"Anggaran kita akan meningkat kalau IKN itu jadi, sehingga berdampak terhadap percepatan berbagai program pembangunan daerah, termasuk mewujudkan visi misi Kalimantan Timur Berani Berdaulat," ungkapnya. 

Baca Juga: Pencuri Barang Korban Kecelakaan di Samarinda Menangis dan Minta Maaf

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya