Pembongkaran Pasar Batuah di Banjarmasin Mendapatkan Perlawanan Warga

Pasar terlanjur dihuni ratusan kepala keluarga

Balikpapan, IDN Times - Pembongkaran Pasar Batuah di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapatkan perlawanan warga. Puluhan warga membentuk pagar manusia guna menghalangi akses masuk kendaraan alat berat dan ratusan personel Satpol PP Pemkot Banjarmasin dibekap Polri. 

Pemkot Banjarmasin awalnya bersikeras membongkar Pasar Batuah yang berada di atas tanah milik daerah. Pemerintah daerah berencana merevitalisasi pasar untuk kepentingan seluruh masyarakat Banjarmasin. 

Akhirnya, Pemkot Banjarmasin melunak rencana pembongkaran paksa Pasar Batuah. 

"Atas pertimbangan yakni melihat kondisi dan adanya negosiasi bersama warga. Eksekusi kami tunda untuk beberapa waktu," kata Sekretaris Daerah Banjarmasin Ikhsan Budiman, Sabtu (18/6/2022). 

1. Pembongkaran Pasar Batuah ditunda

Pembongkaran Pasar Batuah di Banjarmasin Mendapatkan Perlawanan WargaSekretaris Daerah Banjarmasin Ikhsan Budiman. (IDN Times/Hamdani)

Ikhsan mengatakan, Pemkot Banjarmasin menunda pembongkaran Pasar Batuah dengan berbagai pertimbangan penting. Kemudian melihat kondisi di lapangan yang diakuinya belum memungkinkan untuk dilancarkan pembongkaran.

Di sisi lain, Pemkot Banjarmasin pun mempertimbangkan surat Komnas HAM yang intinya meminta daerah menunda proses eksekusi. Dalam surat itu, Komas HAM meminta Pemkot Banjarmasin mengedepankan upaya mediasi bersama warga dalam waktu dekat nanti. 

"Kita juga menghargai Komnas HAM yang telah baru ini menyurati. Kita harapkan nanti tidak ada yang menghalangi mediasi kami antara Pemkot dan Komnas Ham," tuturnya.

Baca Juga: MK Gelar Sidang Perdana Gugatan Uji Materi UU Provinsi Kalsel

2. Warga bersyukur penundaan pembongkaran Pasar Batuah

Pembongkaran Pasar Batuah di Banjarmasin Mendapatkan Perlawanan WargaPembongkaran Pasar Batuah di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapatkan perlawanan warga, Sabtu (19/6/2022). (IDN Times/Hamdani)

Keputusan penundaan pembongkaran tersebut sangat disyukuri warga setempat. Ada yang menangis terharu hingga mengucap syukur. Perwakilan warga Pasar Batuah Adnan termasuk yang paling bersyukur. 

Ucapan terima kasih disampaikan kepada Komnas HAM. 

"Ini kebahagiaan yang lebih, alhamdulillah setelah Komnas HAM menyurati wali kota. Penggusuran hari ini ditunda," katanya bersama warga. 

Seperti diketahui, Pemkot Banjarmasin sudah mengeluarkan surat keputusan guna pembongkaran Pasar Batuah. 

3. Alasan warga menolak pembongkaran pasar

Pembongkaran Pasar Batuah di Banjarmasin Mendapatkan Perlawanan WargaPembongkaran Pasar Batuah di Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapatkan perlawanan warga, Sabtu (19/6/2022). (IDN Times/Hamdani)

Masyarakat Pasar Batuah memang menolak pembongkaran kawasan yang diklaim sudah menjadi milik mereka. Mereka berdalih sudah menguasai kawasan tersebut selama puluhan tahun. 

Termasuk kepemilikan surat pembelian dari warga ke warga lain diterbitkan kelurahan. Termasuk ketentuan pajak bumi dan bangunan (PBB). 

"Surat ada, bahkan surat pembelian dari warga ke warga juga ada, yang dikeluarkan lurah ada. Kemudian PBB kami juga ada, jadi kurangnya apa," kata warga setempat Syahriannor.

Baca Juga: Polda Kalsel Gagalkan Penyelundupan Ganja 1 Kg Lewat Jalur Ekspedisi

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya