Pemkot Samarinda Bongkar Jembatan Tua Gang Nibung

Jembatan dianggap mengganggu pergerakan alat berat

Samarinda, IDN Times - Pemerintah Kota Samarinda membongkar jembatan tua sebagai akses warga di Gang Nibung, Kelurahan Sidodadi, Samarinda Ulu dalam rangka mendukung proyek normalisasi Sungai Karang Mumus.

Pembongkaran jembatan kayu berusia lebih 50 tahun sebagai jalan alternatif warga untuk melalui Sungai Karang Mumus tersebut dinilai mengganggu operasional alat berat yang akan digunakan untuk mengeruk kawasan Sungai Karang Mumus yang disinyalir telah terjadi pendangkalan.

“Kita telah merencanakan pembangunan jembatan baru di sisi dalam dan itu sudah ada anggarannya, sehingga kita meyakinkan kepada masyarakat bahwa jembatan pengganti akan ada dan dibangun lebih baik,” kata Wali Kota Samarinda Andi Harun seperti diberitakan Kantor Berita Antara, Rabu (18/5/2022). 

Baca Juga: Kebakaran Terjadi di Samarinda, 7 Rumah Kayu Ludes Jadi Korban 

1. Pemkot Samarinda sudah meruntuhkan jembatan

Pemkot Samarinda Bongkar Jembatan Tua Gang NibungKondisi Sungai Karang Mumus saat ini. Warga masih bergantung untuk kegiatan harian seperti mencuci dan mandi. Potret ini diambil pada Sabtu 26 Oktober 2019 di kawasan Kelurahan Temindung, Samarinda (IDN Times/Yuda Almerio)

Berdasarkan analisa Pemkot Samarinda, pendangkalan sungai di kawasan pemukiman tersebut merupakan salah satu penyebab terjadi banjir di Kota Samarinda yang belum pernah tuntas hingga sekarang.

Sebelum diruntuhkan dengan alat berat pada Rabu pagi ( 18/05/2022) warga sekitar sempat meminta kepada petugas untuk dilakukan penundaan, namun Wali Kota Samarinda Andi Harun yang turun langsung ke lokasi meminta pengertian warga dan berjanji akan membangunkan lagi jembatan yang lebih layak untuk warga gang Nibung tersebut.

Andi menjelaskan pembangunan jembatan baru gang nibung sudah ada pemenang tendernya , sehingga proses pembangunan jembatan baru akan dapat segera direalisasikan.

2. Normalisasi Sungai Karang Mumus Samarinda

Pemkot Samarinda Bongkar Jembatan Tua Gang NibungWali Kota Samarinda Andi Harun (kiri batik coklat) saat bertemu dengan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR di Samarinda (Dok. Pemkot Samarinda/Istimewa)

Kepala Bagian (Kabag) SDA Pemkot Samarinda, Hambali menyebutkan pembongkaran jembatan dilakukan agar tidak menghambat pengerjaan normalisasi SKM sesuai rekomendasi dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Perumahan Rakyat Kaltim.

“Jembatan dibongkar agar dua alat berat ekskavator dari pihak TNI tidak terganggu melintas saat bekerja membersihkan sungai. Nanti untuk warga akan dibangunkan lagi jembatan baru,” ucap Hambali

Hambali menambahkan jembatan pengganti akan dibangun di sisi dalam Gang Nibung dan pemerintah sendiri telah menganggarkan sekitar Rp8 miliar. Pembangunan jembatan dilakukan berbarengan kegiatan normalisasi SKM dan ditarget rampung pada 2022 ini.

Baca Juga: Bus Pulau Indah Alami Kecelakaan di Km 70 Tol Balikpapan-Samarinda

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya