Comscore Tracker

Pemprov Kaltim Serahkan Sertifikat Tanah untuk Rakyat

Program sertifikasi tanah sebagai proyek strategis nasional

Samarinda, IDN Times - Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Timur (Kaltim) Yusliando menghadiri acara Penyerahan Sertifikat untuk Rakyat oleh Presiden Republik Indonesia secara daring dari Samarinda Convention Hall, Kamis (1/12/2022).

Penyerahan sertifikat mewakili Gubernur Kaltim Isran Noor berhalangan hadir. 

“Pesan Pak Gubernur, kalau sertifikat itu akan dimanfaatkan sebagai agunan kredit di bank," kata Yusliando dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

1. Jangan dipakai agunan barang-barang konsumtif

Pemprov Kaltim Serahkan Sertifikat Tanah untuk RakyatIlustrasi sertifikat tanah (IDN Times/Istimewa)

Yusliando mengatakan, Gubernur Kaltim berpesan agar sertifikat tersebut jangan dipergunakan sebagai agunan barang-barang konsumtif. Seperti membeli mobil, karena itu justru akan membebani.

Harus dimanfaatkan untuk usaha-usaha yang produktif. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program percepatan sertifikasi tanah sebagai salah satu proyek strategis nasional yang dilaksanakan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. 

Baca Juga: PLN Berdayakan Warga Samarinda dengan Pengelolaan Bank Sampah

2. Masyarakat sudah memiliki dasar hukum atas tanah

Pemprov Kaltim Serahkan Sertifikat Tanah untuk RakyatIlustrasi warga yang menerima sertifikat tanah. IDN Times/Tunggul Kumoro

Setelah penyerahan sertifikat ini, masyarakat sudah memiliki dasar hukum atas tanah atau sudah memiliki status hak tanah yang jelas. Dengan begitu maka, tidak ada lagi konflik tanah baik antara masyarakat dengan masyarakat, masyarakat dengan pemerintah, atau masyarakat dengan perusahaan.

Sebab masyarakat sudah memiliki kepastian hukum dengan keberadaan sertifikat tersebut.

Penyerahan untuk Kaltim kali ini terdapat sebanyak 500 sertifikat. Sertifikat itu dibagikan kepada masyarakat di Kutai Kartanegara, Balikpapan dan Samarinda.

“Yang lain nanti akan menyusul. Target tahun 2024 semua tuntas,” tegas Yusliando.

3. Total nasional sudah menyerahkan 100 juta sertifikat tanah

Pemprov Kaltim Serahkan Sertifikat Tanah untuk RakyatPresiden Joko Widodo saat penyerahan Sertifikat Tanah untuk rakyat (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Secara nasional sudah ada lebih dari 100 juta sertifikat tanah yang diserahkan kepada masyarakat di era Pemerintahan Joko Widodo. Masih terdapat sekitar 24 juta bidang tanah yang akan dituntaskan hingga 2024 mendatang.

Acara juga dihadiri Kepala Kanwil Badan Pertahanan Nasional Provinsi Kaltim Asnaedi.

Baca Juga: Si Kerja Samarinda Diluncurkan, agar Kerja Sama Makin Mudah

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya