Pemungutan Suara Pemilu Serentak Jatuh pada 14 Februari 2024

Pesta demokrasi dua tahun mendatang

Balikpapan, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan peluncuran hari pemungutan suara pemilu serentak tahun 2024. Pesta demokrasi serentak dua tahun mendatang itu akan jatuh pada Senin, 14 Februari 2024.

"Dengan peluncuran ini kami mengajak agar masyarakat lebih aware (peduli) dengan Pemilu 2024, sehingga bisa ikut berpartisipasi untuk sukses pemilu. Kami berkomitmen untuk mewujudkan pemilu yang jujur, adil dan bermartabat, serta aman dan damai," tegas Ketua KPU Ilham Saputra dari dalam akun Instagram Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (14/2/2022). 

1. Persiapan KPU jelang pemungutan

Dalam proses menuju Pemilu Serentak 2024, KPU akan melakukan langkah-langkah strategis. Antara lain menyiapkan akurasi daftar pemilih tetap (DPT).

Untuk itu KPU akan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder. Mereka juga akan melakukan persiapan terkait anggaran. Anggaran yang oleh beberapa pihak disebut terlampau besar, menurut Ilham Saputra masih bisa dinegosiasikan.

Namun mereka akan memberikan pertimbangan khusus terkait kondisi sarana dan prasarana di daerah yang masih harus tetap dikembangkan.

"Beberapa kantor KPU masih ngontrak di beberapa daerah. Harus ditingkatkan dalam rangka sukses pemilu. Selain itu, honor penyelenggara pemilu juga harus ditingkatkan. Dan kami butuh kepastian untuk sukses ini," bebernya.

Baca Juga: Penularan Pandemik COVID-19 Makin Dinamis di Kaltim

2. Tujuan pemilu untuk kemajuan suatu bangsa

Pemungutan Suara Pemilu Serentak Jatuh pada 14 Februari 2024IDN Times/Istimewa

Menurutnya, hasil pemilu akan menentukan nasib bangsa lima tahun setelah 2024. Indonesia memerlukan pemimpin dan wakil rakyat yang memiliki niat tulus untuk menyejahterakan rakyat.

"Untuk itu, maka tentu harus dimulai dengan penyelenggaraan pemilu yang baik, bersih, jujur, adil dan bermartabat," tandasnya.

Pemilu serentak 14 Februari 2024 akan memilih presiden dan wakil presiden (pilpres) bersamaan dengan pemilu legislatif (pileg) untuk memilih anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, dan anggota DPD RI.
.
Sementara pilkada untuk memilih gubernur, bupati, dan wali kota diselenggarakan serentak di seluruh daerah pada 27 November pada tahun yang sama.

3. Kesbangpol Kaltim menghadiri peluncuran tahapan pesta demokrasi

Pemungutan Suara Pemilu Serentak Jatuh pada 14 Februari 2024Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) H Sufian Agus yang mewakili Wakil Gubernur Kaltim menghadiri peluncuran pesta demokrasi di Kantor KPU Kaltim Jalan Basuki Rahmat. Dia menegaskan bahwa Badan Kesbangpol Kaltim akan hadir dalam setiap tahapan Pemilu Serentak itu.
.
"Pemprov Kaltim melalui Badan Kesbangpol akan selalu ikut dalam tahapan Pemilu Serentak ini. Kami harus memastikan semua berjalan lancar dan Kaltim tetap kondusif," tandasnya.
.
Peluncuran dilakukan secara offline dan online oleh KPU se-Indonesia. Hadir pula jajaran Bawaslu dan Forkopimda, para pimpinan partai politik di tingkat nasional dan daerah serta para pejabat kementerian terkait.
.
Tampak hadir selaku tuan rumah Ketua KPU Kaltim Rudiansyah dan jajaran Forkopimda Kaltim. 

Baca Juga: Ruang Aman bagi Jurnalis Perempuan di Kaltim Terbentuk

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya