Peran Swasta Diharapkan dalam Pembangunan IKN Nusantara

Pemprov Kaltim mendorong peran swasta

Samarinda, IDN Times - Perjalanan panjang sudah dilalui, dari perencanaan awal hingga ditandatanganinya UU No 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara oleh Presiden RI Joko Widodo 15 Februari lalu. Maka mulai saat itu IKN sudah berkekuatan hukum dan siap dibangun.

"Kini kewajiban semua mendukung dan menyukseskan pembangunan IKN Nusantara di Provinsi Kaltim," tegas Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Riza Indra Riadi dalam akun Instagram Pemprov Kaltim.

1. Seminar nasional kesiapan infrastruktur jalan dan jembatan

Riza mewakili Gubernur Kaltim membuka Seminar Nasional bertema Kesiapan Infrastruktur Jalan dan Jembatan dalam mendukung Pembangunan IKN yang dilaksanakan Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) DPD Kaltim secara offline dan online, di Crystal Ballroom 1 Hotel Mercure Samarinda, Rabu, (9/3/2022).

Untuk mewujudkannya, lanjut Riza, tentu bidang infrastruktur memegang peranan penting. Di antaranya, pembangunan jalan yang disesuaikan dengan sistem transportasi IKN, seperti sistem transportasi cerdas, terintegrasi, dan ramah lingkungan di IKN yang mengusung konsep Smart City, Smart Mobility.

“Rencananya sektor transportasi darat akan dikembangkan fasilitas jalan untuk pejalan kaki, sepeda, kendaraan listrik berbasis baterai, dan kendaraan autonomous untuk angkutan bus,” tandasnya.

Baca Juga: Polda Kaltim Cek Langsung Gudang Distributor Minyak Goreng

2. Pembangunan infrastruktur transportasi di IKN

Peran Swasta Diharapkan dalam Pembangunan IKN NusantaraSejumlah pekerja menyelesaikan lahan yang akan menjadi lokasi Presiden Joko Widodo berkemah di titik nol kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Selain itu, akan dibangun sejumlah infrastruktur transportasi di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan daerah sekitarnya, seperti terminal tipe A, Bus Rapid Transit (BRT), bandara khusus VVIP, kereta api perkotaan dan antar kota (Trans Kalimantan), Intelligent Transport System (ITS) dan fasilitas lainnya.

“Pemerintah memberikan kesempatan kepada pihak swasta, badan usaha dan masyarakat untuk turut berperan membangun infrastruktur IKN, termasuk sektor transportasinya melalui skema Pembiayaan Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU),” jelas Riza.

3. Persiapan jelang pembangunan IKN Nusantara

Peran Swasta Diharapkan dalam Pembangunan IKN NusantaraSejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Ketua DPD HPJI Kaltim HM Taufik Fauzi mengatakan, pihaknya sejak dikukuhkan pada Oktober 2019, telah banyak kegiatan yang dilaksanakan. Di antaranya seminar-seminar, termasuk dukungan pembangunan IKN, seperti lomba pembuatan mutu beton dengan menggunakan material lokal.

"Respons perguruan tinggi di Kaltim sangat baik dengan mengirimkan perwakilan mahasiswanya pada lomba yang rencananya hari ini akan diumumkan pemenangnya oleh dewan juri," ujarnya.

Dia meyakinkan peran aktif DPD HPJI Kaltim dalam mendukung pembangunan infrastruktur IKN.

"Dan seminar nasional hari ini dapat memberikan masukan-masukan yang bermanfaat dari beberapa sumber,” ungkap Taufik. 

Baca Juga: Rakor Penyusunan Dokumen tentang Rencana Penanggulangan Bencana Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya