Persiapan Haji, Pemprov Kaltim Lantik Petugas Embarkasi Balikpapan

Berdasar lampiran Keputusan Menteri Agama

Samarinda, IDN Times - Panitia Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji Embarkasi Balikpapan Tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi dilantik sebanyak 23 orang dilantik. Pelantikan di Aula Jabal Rahmah, Embarkasi Haji Balikpapan Manggar Balikpapan, Rabu (18/5/2022) ini berdasarkan lampiran Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 436 Tahun 2022.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), saya mengucapkan selamat kepada seluruh Anggota Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Balikpapan yang telah dilantik, semoga dapat bekerja dengan baik dalam mengemban amanah, tugas dan tanggung jawab masing-masing," ucap Gubernur Kaltim Isran Noor saat melantik PPIH Embarkasi Balikpapan dalam akun Instagram Pemprov Kaltim.

1. Pemberian pelayanan terbaik pada jemaah

Gubernur Isran Noor juga menyampaikan beberapa hal penting, di antaranya para pihak yang terlibat harus bisa bekerja sama dan berkoordinasi yang baik dalam hal pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jemaah haji agar yang beribadah lebih siap dan mandiri serta aman dan lancar dalam menunaikan ibadah haji.

"Embarkasi Balikpapan adalah salah satu yang terbaik, karena tidak hanya Kaltim, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Kalimantan Utara (Kaltara) tahun ini masih memilih Embarkasi ini untuk pemberangkatan dan pemulangan haji," terang Isran Noor.

Baca Juga: Normalisasi Sungai di Samarinda Telan Anggaran Rp51 Miliar

2. Ibadah haji sudah mulai dibuka

Persiapan Haji, Pemprov Kaltim Lantik Petugas Embarkasi BalikpapanSuasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Disebutkan orang nomor satu Benua Etam ini bahwa calon jemaah haji yang melalui Embarkasi Balikpapan diperkirakan 2.607 jemaah yang terbagi 8 kelompok terbang. 

"Untuk itu, semua pihak harus siap bekerja dan diniatkan untuk ibadah, siapkan dan siagakan seluruh sarana dan prasarana yang ada di asrama haji," ungkapnya.

Lanjutnya, seluruh pihak bersyukur karena Pemerintah Arab Saudi sudah membuka dan menerima kedatangan jemaah haji, membuka keterbatasan karena selama 2 tahun terakhir tidak menerima jemaah haji.

"Alhamdulillah tahun ini dibuka penerimaan jemaah haji oleh Pemerintah Arab Saudi,” ucapnya.

3. Pesan Gubernur Kaltim kepada panitia haji

Persiapan Haji, Pemprov Kaltim Lantik Petugas Embarkasi BalikpapanGubernur Kaltim Isran Noor (IDN Times/Yuda Almerio)

Mantan Bupati Kutai Timur ini juga memberikan pesan kepada panitia petugas penyelenggaraan ibadah haji agar bekerja tulus dan ikhlas.

"Semua petugas yang diberikan amanat ini dapat bekerja tulus dan ikhlas, terima kasih dan mohon maaf bila ada salah kata, mohon jaga kesehatan dalam bekerja dan beraktivitas," harapnya.

Hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltim H Masrawan, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Prov Kaltim/Kepala Biro Pemerintahan Setda Prov Kaltim Deni Sutrisno, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak, Ketua IPHI Meiliana, dan Perwakilan PT Garuda Indonesia. 

Baca Juga: Kebakaran Terjadi di Samarinda, 7 Rumah Kayu Ludes Jadi Korban 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya