Pertamina Gelar Lomba Video HSSE untuk Pelajar Tingkat SMA

Aspek keselamatan dalam kehidupan sehari-hari

Balikpapan, IDN Times - Aspek Health, Safety, Security & Environment (HSSE) sebenarnya tidak hanya berbicara di level perusahaan. Dalam kehidupan sehari-hari aspek ini juga menjadi bagian dari aktivitas dan kehidupan harian.

Dalam rangka bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2022, Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menyelenggarakan lomba video dengan tema aspek HSSE dalam kehidupan sehari-hari.

 

"Lomba video ini ditujukan untuk pelajar tingkat SLTA sederajat. Karya yang diikut sertakan merupakan karya tim dengan anggota antara 2 hingga 5 siswa," kata Area Manager Communication Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Peranginangin dalam pers rilis, Jumat (11/2/2022). 

1. Aspek keselamatan dalam kehidupan sehari-hari

Pertamina Gelar Lomba Video HSSE untuk Pelajar Tingkat SMALomba video K3 bagi para pelajar setingkat SMA digelar Pertamina Balikpapan. Foto Pertamina

Hasil karya yang diikutsertakan dalam lomba berdurasi 1 sampai dengan 3 menit. Kaitannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti contohnya dalam penggunaan helm saat berkendara sepeda motor, memastikan kompor dimatikan sebelum meninggalkan rumah, menggunakan sabuk pengaman saat berkendara mobil merupakan bentuk-bentuk penerapan aspek HSSE.

 "Peserta dapat mengupload karyanya di Instagram masing-masing paling lambat tanggal 23 Februari 2022 pukul 23.50 WITA. Ketentuan lainnya dapat dilihat di Instagram @pertamina_ru5," kata Chandra.

Baca Juga: Pertamina dan Plaza Balikpapan Kerja Sama Gunakan Gas Ramah Lingkungan

2. Menumbuhkan kepedulian kepada generasi muda

Pertamina Gelar Lomba Video HSSE untuk Pelajar Tingkat SMAPT Pertamina Hulu Rokan (PHR) melakukan pengapalan perdana minyak mentah untuk diolah di kilang Pertamina pada Sabtu (14/8/2021). (Dok. Pertamina)

Chandra menjelaskan bahwa selain sebagai ajang kompetisi, lomba video ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian generasi muda untuk dapat menerapkan aspek-aspek HSSE.

"Berbicara tentang keselamatan dan kesehatan sebenarnya bagian dari keseharian kita. Tidak ada orang yang ingin bahaya dan celaka. Namun, kadang terjadinya kecelakaan karena kurang peka terhadap kondisi dan situasi yang memiliki potensi celaka atau bahaya," jelas Chandra.

3. Hadiah akan diberikan kepada pemenang

Pertamina Gelar Lomba Video HSSE untuk Pelajar Tingkat SMAKilang minyak PT Pertamina. (Dok. Pertamina)

Pertamina juga sudah menyiapkan hadiah menarik bagi pemenang lomba ini.  Dalam lomba video dengan tema aspek HSSE dalam kehidupan sehari-hari.

Total hadiah yang disediakan dalam lomba ini sebesar Rp5 juta.

"Ini kesempatan bagi para pelajar. Ayo tunjukkan kreativitas kalian dengan mengikuti lomba ini," tutup Chandra.

Baca Juga: Lagi, Tokoh Agama di Balikpapan Cabuli Dua Santriwati

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya