Comscore Tracker

Pertamina Jelajahi Keanekaragaman Hayati Sungai Wain di Balikpapan

Kekayaan flora dan fauna dikemas dalam buku WAIN’s Treasures

Balikpapan, IDN Times - PT Pertamina akan mengeksplorasi pelbagai jenis keanekaragaman hayati flora dan fauna ada di Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Kekayaan alam hutan kota di Balikpapan ini akan dirangkum dalam penerbitan sebuah buku berjudul WAIN’s Treasures.

"Hasilnya akan diterbitkan dalam sebuah buku. Saat ini kita masih proses pengumpulan foto-foto,’ kata Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina RU Balikpapan Ely Chandra Peranginangin dalam press rilis, Minggu (27/06/2021).

1. Kerja sama dengan pihak-pihak lain

Pertamina Jelajahi Keanekaragaman Hayati Sungai Wain di BalikpapanProses dokumentasi di Hutan Lindung Sungai Wain. Foto Pertamina

Pertamina menggandeng pihak-pihak lain dalam proses dokumentasi keanekaragaman hayati flora dan fauna di Hutan Lindung Sungai Wain. Pihak diajak kerja sama di antaranya Friends of Wild Nature (FOWN), Yayasan Indocita Madani, dan KPHL Balikpapan.  

Mereka ini dianggap punya kompetensi proses dokumentasi flora dan fauna secara langsung di alam liar. Pengumpulan foto-foto langsung di alam memang memerlukan usaha yang cukup menantang.

"Ketepatan momen dan cuaca juga turut mempengaruhi proses pengumpulan fotonya terutama faunanya," lanjut Chandra.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Balikpapan yang Kece untuk Dikunjungi

2. Sungai Wain menyimpan kekayaan alam flora fauna asli Kalimantan

Pertamina Jelajahi Keanekaragaman Hayati Sungai Wain di BalikpapanBurung hantu liar di Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan. Foto Pertamina

Chandra mengatakan, Hutan Lindung Sungai Wain merupakan kawasan wisata alam yang mengedepankan pelestarian lingkungan. Kawasan ini sangat kaya akan pelbagai jenis keanekaragaman hayati.

Dengan keanekaragaman yang luar biasa, Pertamina ingin berpartisipasi dengan memperkenalkan flora dan fauna di Sungai Wain.

"Sungai Wain merupakan kawasan yang sangat kaya akan flora dan faunanya." ujarnya.

Sehingga sudah sepantasnya Pertamina membantu proses penerbitan keanekaragaman hayati Hutan Lindung Sungai Wain. Buku berjudul WAIN's Treasures ini masih dalam proses pengumpulan foto flora dan fauna di dalam Hutan Lindung Sungai Wain.

3. Kekayaan alam Sungai Wain didokumentasikan dalam sebuah buku

Pertamina Jelajahi Keanekaragaman Hayati Sungai Wain di BalikpapanProses dokumentasi di Hutan Lindung Sungai Wain. Foto Pertamina

Chandra mengatakan, proses pengumpulan foto-foto ini bukan perkara mudah mengingat pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi cuaca di Balikpapan. Mereka pun harus mengidentifikasi satu per satu flora fauna langsung dari alamnya. 

"Ketepatan momen dan cuaca juga turut mempengaruhi proses pengumpulan fotonya terutama faunanya." lanjutnya.

Sesuai rencana, WAIN's Treasures akan mendokumentasikan sebanyak 200 hingga 250 flora dan fauna hidup di Hutan Lindung Sungai Wain. 

Pertamina secara rutin akan mempublikasikan dokumentasi ini lewat unggahan media sosial akun Instagram @pertamina_ru5 per minggunya. Sehingga publikasi akan menjangkau hingga seluruh dunia. 

Harapannya, masyarakat diharapkan semakin peduli dengan kelestarian Sungai Wain.

"Masyarakat pasti akan merasa takjub melihat hasil dokumentasi keanekaragaman hayati di sana. Dengan melihat begitu indahnya keanekaragaman hayati yang ada di sana, semoga kelestarian Sungai Wain senantiasa terjaga." harapnya.

4. Penerbitan buku bisa memancing kecintaan terhadap Hutan Lindung Sungai Wain

Pertamina Jelajahi Keanekaragaman Hayati Sungai Wain di BalikpapanAyam hutan di area Hutan Lindung Sungai Wain Balikpapan. Foto Pertamina

Lebih lanjut, Ketua Friends of Wild Nature Eko Cahyono mengatakan, kekayaan biodiversitas Sungai Wain hendaknya dapat dijaga bersama. Menurutnya, hutan lindung ini merupakan benteng dataran rendah terakhir dalam melindungi kekayaan alam di Kalimantan.

"Sungai Wain merupakan benteng terakhir hutan dataran rendah pesisir dengan ciri dan karakteristik kekayaan alamnya dapat dengan bangga kita wariskan pada generasi penerus,” ujarnya.

Dengan nantinya akan ada penerbitan buku, Eko mengharapkan mampu menggugah kesadaran banyak pihak. Terutama bagi pengambil keputusan dan masyarakat  untuk berkomitmen menjaga kekayaan diversitas untuk generasi mendatang.

Dalam kesempatan ini, Eko mengucapkan terima kasih pada Pertamina dalam membantu proses penerbitan buku. Ini menjadi bukti komitmen perusahaan  untuk kegiatan konservasi alam di sekitar area produksinya.  

"Kami sangat menghargai bantuan yang sudah diberikan, semoga kerja sama ini tidak berhenti pada titik ini saja melainkan dapat berlanjut pada kegiatan lainnya pada masa mendatang,” paparnya.

Baca Juga: Balikpapan Youth Spirit, Komunitasnya Anak Muda Cinta Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya