Petani PPU Diajari Membuat Pestisida Nabati dan Pupuk Biosaka

Peningkatan produksi para petani PPU

Penajam, IDN Times - Petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Bina Usaha Muda Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) diberikan edukasi atau pelatihan cara pembuatan pestisida nabati dan pupuk biosaka oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Kantor Berita Antara melaporkan, pelatihan pembuatan pestisida nabati dan pupuk biosaka diberikan kepada petani, menurut Area Manager Comm, Rel & CSR PT KPI Unit Balikpapan Ely Chandra Perangin Angin, melalui keterangan tertulis yang diterima di Penajam, Senin (6/3/2023) untuk meminimalkan penggunaan pupuk kimia.

1. Penggunaan pestisida dan pupuk organik untuk kesehatan hasil tanaman

Petani PPU Diajari Membuat Pestisida Nabati dan Pupuk BiosakaIlustrasi pupuk (Dok. PT Pupuk Indonesia)

Penggunaan pestisida dan pupuk organik berguna untuk kesehatan hasil tanaman, mengurangi risiko terhadap penurunan produktivitas tanah serta dapat mengurangi pencemaran lingkungan atau kesuburan tanah.
 
Pelatihan tersebut merupakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT KPI Unit Balikpapan dalam program ketahanan pangan Girimukti (Kenari).
 
Kenari merupakan kelompok binaan baru yang berada di Desa Girimukti, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, yang bergerak dalam budi daya tanaman hortikultura untuk meningkatkan ketahanan pangan.

Baca Juga: IKN Belum Memberikan Dampak Lonjakan Jumlah Penduduk di PPU

2. Pemanfaatan lahan tidak produktif menjadi demplot

Petani PPU Diajari Membuat Pestisida Nabati dan Pupuk BiosakaIlustrasi pembibitan padi. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Kenari memanfaatkan lahan tidak produktif menjadi demplot, kemudian dikelola oleh kelompok tani Bina Usaha Muda untuk membudidayakan tanaman hortikultura.
 
Pelatihan dilakukan untuk meningkatkan kapasitas anggota kelompok sebagai mitra binaan, jelas dia, sehingga dapat membantu warga membuat pupuk organik dan mengurangi ketergantungan terhadap pemakaian pupuk kimia.
 
"Tujuan program dan kegiatan untuk tekan biaya pembelian pestisida kimia, dan sebagai upaya tingkatkan ketahanan pangan, khususnya di Kabupaten Penajam Paser Utara," tambah Ely Chandra Perangin Angin.

3. Pengalaman untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia

Petani PPU Diajari Membuat Pestisida Nabati dan Pupuk BiosakaPemanfaatan pupuk organik jadi imbah kedelai di kawasan eks lokalisasi Dolly. Dok. Jarwo Susanto.

Pelatihan yang diberikan PT KPI Unit Balikpapan, kata Ketua Kelompok Tani Bina Usaha Muda Ketut Harianto, memberikan Ilmu dan pengalaman baru dengan harapan bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia.
 
"Pupuk pestisida dan pupuk subsidi mulai terbatas, jadi kami kesulitan dapatkan pupuk, dengan adanya pelatihan kami bisa olah pestisida dan pupuk alami sendiri yang bermanfaat bagi tanaman," ujarnya.
 
PT KPI Unit Balikpapan melibatkan Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara dengan pemberi materi dari tenaga ahli Bidang Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT).

Baca Juga: Seluruh Pejabat di Pemkab PPU Wajib Sampaikan LHKPN

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya