Polres Mahulu Sinergi dengan Pasukan TNI Pengamanan Perbatasan

Pasukan perbatasan di Kampung Batu Majang Long Bagun

Long Bagun, IDN Times - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Mahakam Ulu Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Anthony Rybok menggelar kunjungan kerja sinergis ke Pos Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) TNI Indonesia-Malaysia di Kampung Batu Majang, Kecamatan Long Bagun, Minggu (30/4/2023).

"Kami ingin bersilaturahmi dengan saudara kami yakni teman-teman prajurit di Yon Armed 5/105 Pancagiri yang bertugas menjaga marwah NKRI di perbatasan RI-Malaysia ini serta saling bersinergi saling menyemangati," kata Kapolres Anthony dilaporkan Antara, Senin (1/5/2023). 

1. Pos Batu Majang berada di Kutai Barat

Polres Mahulu Sinergi dengan Pasukan TNI Pengamanan PerbatasanSejumlah prajurit TNI menaiki KRI Banda Aceh-593 jelang diberangkatkan untuk bertugas mengikuti pasukan penjaga perbatasan RI-Papua Nugini (PNG) di Pelabuhan Belawan Medan, Sumatera Utara, Minggu (17/5). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Pos Batu Majang berjarak lebih kurang 4 jam ke hulu Sungai Mahakam dari Pelabuhan Tering di Melak, Kutai Barat. Melak sendiri lebih kurang 500 km barat daya Balikpapan. Seperti disebutkan Kapolres, saat ini yang bertugas sebagai Satgas Pamtas adalah Batalyon Artileri Medan 5/105 Pancagiri.

Pos di Batu Majang diisi oleh Satuan Setingkat Kompi (SSK) IV dengan komandan Kapten Arm Dhestya Henda,

Batalyon Artileri Medan 5/Pancagiri atau Yon Armed 5/105/Tarik adalah satuan bantuan tempur (satbanpur) organik di bawah Kodam III/Siliwangi yang membawahkan Jawa Barat dan Banten.

Baca Juga: Mahakam Ulu Usulkan Pembangunan Bandara di Perbatasan

2. Keterampilan tempur pasukan TNI di perbatasan

Polres Mahulu Sinergi dengan Pasukan TNI Pengamanan PerbatasanPasukan Kostrad berfoto bersama pasukan Divisi III SAF pada upacara pembukaan latihan bersama Safkar Indopura di Lapangan Tembak Plempungan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada 2014 lalu. (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Sebagai pasukan artileri, para anak buah Kapten Dhestya piawai menghancurkan sasaran dengan berbagai jenis meriam. Kunjungan kerja Kapolres juga diisi dengan kegiatan olahraga bersama untuk menambah keakraban dan kebersamaan.

Dengan digabung, prajurit dan polisi bertanding bola voli dan sepaktakraw setelah pemanasan, jogging keliling Long Bagun bersama.

Sepaktakraw adalah olahraga dan permainan kegemaran warga di hulu Mahakam. Di setiap kampung ada lapangan sepaktakraw dan setiap pemuda harus bisa memainkan bola rotan sepaktakraw.

3. Olahraga para prajurit di perbatasan

Polres Mahulu Sinergi dengan Pasukan TNI Pengamanan PerbatasanKeluarga melepas keberangkatan para prajurit TNI asal Sumut menuju perbatasan Indonesia-Papua Nugini untuk mengemban misi pengamanan selama 9 bulan (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Setiap sore, selain bermain voli atau bulutangkis, permainan sepaktakraw juga seru dan ramai penontonnya. “Lewat olahraga kita akan saling mengenal lebih baik, baik dengan rekan prajurit, rekan di kesatuan sendiri, dan tentunya juga dengan masyarakat,” kata Kapolres.

Kenal dan akrab antar sesama prajurit, polisi, dan masyarakat ini akan membantu menjaga keamanan dan ketentraman keadaan.

“Segala bentuk ancaman akan lebih cepat diketahui dan diatasi dengan segera,” sambut Kapten Dhestya.

Baca Juga: 8 Kampung di Long Hubung Mahakam Ulu Sudah Benderang Listrik

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya