Polri Amankan Proses Bongkar Muat Material Pembangunan IKN 

Polda Kaltim terjunkan personel Ops Nusantara

Balikpapan, IDN Times - Polda Kalimantan Timur (Kaltim) mengamankan proses bongkar muat material pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kewajiban Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum tugasnya. Salah satunya untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan dan ancaman, selama proses pembangunan IKN baru di Kaltim.

“Kegiatan diawali dengan apel pagi. Kemudian, dilanjutkan dengan melaksanakan giat patroli peninjauan segmen pembangunan IKN. Hal itu dilakukan untuk memastikan situasi tetap dalam keadaan kondusif,” kata Kabid Humas Polda Kaltim Komisaris Besar Polisi Yusuf Sutejo dalam keterangan tertulis Polda Kaltim, Selasa (16/8/2022). 

1. Pengamanan dilakukan Ops Nusantara Polda Kaltim

Polri Amankan Proses Bongkar Muat Material Pembangunan IKN Satgas Ops Nusantara Polda Kalimantan Timur mengamankan aktivitas di lokasi ibu kota negara. Foto Polda Kaltim

Seperti yang dilaksanakan personel Ops Nusantara Polda Kaltim pada Senin 15 Agustus 2022.  Personel Ops Nusantara melaksanakan pengamanan di wilayah pelabuhan Bumdes.

Kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan patroli dan monitor ke pelabuhan Bumdes dan dilokasi sedang berlangsung bongkar muat batu untuk pembangunan di segmen IKN.

Baca Juga: Kegiatan di IKN, Presiden Kunjungi Titik Nol IKN di Sepaku PPU

2. Memastikan kamtibmas di IKN

Polri Amankan Proses Bongkar Muat Material Pembangunan IKN Satgas Ops Nusantara Polda Kalimantan Timur mengamankan aktivitas di lokasi ibu kota negara. Foto Polda Kaltim

Kegiatan itu, juga dilakukan guna memonitoring kondusifitas kamtibmas di sekitar wilayah pembangunan IKN dan mengantisipasi adanya tindakan yang dapat mengganggu proses pembangunan IKN.

Untuk diketahui, pembangunan IKN di wilayah Sepaku memasuki tahap pembangunan awal. IKN Nusantara sendiri berada di wilayah Sepaku di Penajam Paser Utara (PPU) dan Samboja di Kutai Kartanegara (Kukar).

3. Proses pembangunan IKN Nusantara

Polri Amankan Proses Bongkar Muat Material Pembangunan IKN Sejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Pembangunan IKN Nusantara sudah mulai berjalan dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Fokus utama pembangunan di area kawasan inti pusat pemerintahan IKN dengan membangun, istana presiden, wakil presiden, DPR/MPR RI, kementerian, hingga markas besar TNI dan Polri.

Lokasi pusat pemerintahan berada di Sepaku PPU. 

Tahapan awal, Kementerian PUPR memperoleh kucuran anggaran sebesar Rp5 triliun peruntukan konstruksi di kawasan inti pusat pemerintahan. Realisasi pengerjaan proyek dilaksanakan pada Bulan September 2022 nanti. 

Baca Juga: Kodim PPU Terapkan Aspek Teritorial dalam Pengamanan IKN

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya