Comscore Tracker

Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Persemaian Mentawir di Sepaku

Kunjungi lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

Samarinda, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dijadwalkan akan kembali datang ke Kalimantan Timur (Kaltim) pada Rabu, 22 Juni 2022 besok. Presiden rencananya akan melakukan peletakan pertama pembangunan lokasi persemaian Mentawir di Sepaku Penajam Paser Utara (PPU).  

Dalam akun Instagram Pemprov Kaltim disebutkan, presiden direncanakan tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Setelah beristirahat sejenak di VIP Room Bandara SAMS Sepinggan, Presiden Joko Widodo didampingi Gubernur Isran Noor, para menteri dan sejumlah pejabat pusat akan bertolak menuju lokasi persemaian di Mentawir menggunakan helikopter.

1. Pusat pembibitan tanaman khas Kalimantan

Jokowi akan mengawali kegiatan dengan melakukan peletakan batu pertama tanda pembangunan persemaian Mentawir. Seperti diketahui, persemaian yang sudah dikembangkan sejak beberapa waktu lalu itu akan menjadi pusat pembibitan berbagai tumbuhan khas Kaltim dan dunia. Bibit-bibit pohon yang disemai di lokasi itu nantinya akan ditanam di segenap penjuru dan ruang-ruang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku.

“Pak Presiden besok akan ke Kaltim untuk memantau progres pembangunan IKN,” kata Gubernur Isran Noor dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Infrastruktur PPU Terancam Ketinggalan Dibandingkan IKN Nusantara 

2. Memantau pembangunan Bendungan Sepaku Semoi

Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Persemaian Mentawir di SepakuKondisi progres pembangunan bendungan Semoi - Sepaku kelak dijadikan penunjang utama air bersih di IKN (IDN Times/Ervan)

Usai mengunjungi persemaian Mentawir, Presiden Joko Widodo juga akan melihat kemajuan pembangunan Bendungan Sepaku Semoi. Presiden dan rombongan akan berpindah lokasi masih dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

“Presiden akan mendengarkan penjelasan Menteri PUPR terkait progres Bendungan Sepaku Semoi,” lanjut Gubernur.

Seperti diketahui, Bendungan Sepaku Semoi disiapkan untuk menjadi salah satu penyuplai air bersih untuk IKN. Bendungan ini juga disiapkan untuk menopang kebutuhan air bersih bagi warga Kota Balikpapan di masa depan.

3. Cek proses pembangunan IKN Nusantara

Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Persemaian Mentawir di SepakuProsesi tanah dan air Gentong Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto YouTube Biro Pers, Media Kepresidenan

Kunjungan Presiden Joko Widodo berikutnya ke Titik Nol IKN. Di sini Presiden Joko Widodo juga akan mendengarkan paparan Menteri PUPR dan jajaran terkait progres pembangunan IKN.

Beberapa bulan lalu, Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Isran Noor dan beberapa menteri juga pernah menikmati suasana bermalam di Titik Nol IKN.

Setelah istirahat makan siang, Presiden Joko Widodo akan terbang ke Samarinda menggunakan helikopter didampingi Gubernur Isran Noor.

Baca Juga: Pemerintah Penajam Diharapkan Lindungi Lahan Pertanian Meski Jadi IKN

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya