Prosesi Kendi Nusantara, Jokowi: Cita-Cita dan Tujuan Besar Dimulai

Prosesi Kendi Nusantara di IKN

Balikpapan, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memimpin prosesi penyatuan air dan tanah dalam Kendi Nusantara di Ibu Kota Negara (IKN) di Sepaku Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (14/3/2022). Dalam momentum itu, presiden menyampaikan, prosesi Kendi Nusantara sebagai titik awal dalam merealisasikan cita-cita dan tujuan besar membangun bangsa. 

"Cita-cita dan tujuan besar akan dimulai," ujarnya dalam akun YouTube Biro Pers dan Media Kepresidenan.  

1. Para gubernur se Indonesia membawa air dan tanah masing-masing

Prosesi Kendi Nusantara, Jokowi: Cita-Cita dan Tujuan Besar DimulaiPresiden Joko Widodo dan Gubernur Kaltim Isran Noor menuangkan air dari lokasi Kutai Lama dan Paser di lokasi IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto Biro Pers Media Kepresidenan

Jokowi  Widodo memimpin prosesi seremoni penggabungan air dan tanah di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin (14/3/2022) pukul 08.37 Wita.  Lokasi ibu kota negara yang berada di Sepaku PPU Kaltim. 

Sebanyak 34 gubernur seluruh Indonesia membawa air dan tanah dari wilayahnya masing-masing yang lantas dimasukkan dalam Kendi Nusantara. Kendi Nusantara yang nantinya ditanam di lokasi titik nol IKN sebagai perlambang persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat Indoensia. 

Kaitan pembangunan IKN Nusantara di Kaltim. 

Baca Juga: Cuaca Terik di IKN, Gubernur Sulteng Pingsan Usai Ritual 

2. Para peserta prosesi Kendi Nusantara

Prosesi Kendi Nusantara, Jokowi: Cita-Cita dan Tujuan Besar DimulaiProsesi tanah dan air Gentong Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto YouTube Biro Pers, Media Kepresidenan

Jokowi mengatakan, prosesi Kendi Nusantara dihadiri sebanyak 34 gubernur dari seluruh Indonesia, 15 tokoh masyarakat Kaltim, hingga sejumlah pejabat negara. Para gubernur pun membawa air dan tanah bersejarah masing-masing di mana nantinya akan disatukan dalam Kendi Nusantara. 

Sebagai perwujudan rasa syukur dan persatuan kesatuan seluruh masyarakat Indonesia dalam menyukseskan pembangunan IKN Nusantara. 

"Baru saja tanah dan air yg dibawa oleh 34 gubernur telah kita satukan, di tempat yg akan menjadi lokasi IKN Nusantara," paparnya. 

Dalam kesempatan itu pula, Jokowi menyampaikan rasa terima kasih sebesarnya atas dukungan semua pihak dalam mewujudkan IKN Nusantara. Menurutnya, pembangunan ibu kota negara membutuhkan dukungan semua pihak, baik dari unsur pemerintah daerah, TNI dan Polri, swasta, hingga masyarakat Indonesia. 

"Terima kasih pada lembaga tinggi negara, mendukung, kami berdoa semoga allah memberikan kemudahan dan kelancaran dalam membangun IKN ini," paparnya. 

3. Penanaman pohon di lokasi IKN Nusantara

Prosesi Kendi Nusantara, Jokowi: Cita-Cita dan Tujuan Besar DimulaiProsesi penanaman pohon di lokasi Ibu Kota Negara Nusantara oleh Presiden RI dan gubernur se Indonesia. Foto Biro Pers dan Media Kepresidenan

Prosesi air dan tanah Kendi Nusantara ditutup dengan acara penanaman pohon perwakilan dari masing-masing provinsi di Indonesia. Dalam kesempatan itu, Jokowi menanam pohon meranti merah yang merupakan tumbuhan asli di Kalimantan. 

Sedangkan Iriana Jokowi menanam tumbuhan kamper yang memang lazim ditemui di kawasan Asia dan sekitarnya. 

Baca Juga: Gubernur Jakarta Awali Prosesi Tanah dan Air Kendi Nusantara 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya