Puan Maharani, Panglima TNI, dan Mendagri Bersama-sama Tinjau IKN

Agenda kunjungan dijadwalkan hari ini

Samarinda, IDN Times - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani direncanakan meninjau lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Rabu (15/2/2022). PPU bersama Kutai Kartanegara (Kukar) sudah ditetapkan menjadi lokasi IKN Nusantara oleh pemerintah. 

"Rencananya Ketua DPR akan ke IKN bersama Panglima TNI dan Mendagri," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Kaltim HM Syafranuddin dalam akun Instagram Pemprov Kaltim.

1. Puan Maharani bersama rombongan menteri

Puan Maharani rencananya didampingi Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Selain itu, dalam rombongan pun terdapat pula Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

Sedangkan perwakilan DPR RI, Puan Maharani juga akan didampingi Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto dan Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Pengusaha Muda asal Kaltim, Pandai Lihat Peluang 

2. Rombongan Puan terbang menumpang helikopter

Puan Maharani, Panglima TNI, dan Mendagri Bersama-sama Tinjau IKNLokasi kegiatan kunjungan Jokowi ke titik nol rencana pembangunan IKN (IDN Times/ Istimewa)

Ivan menjelaskan, setelah tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, rombongan akan terbang ke IKN menggunakan helikopter sekitar pukul 10.15 Wita, pagi ini

Titik pertama yang akan dikunjungi adalah Bendungan Sepaku Semoi. Setelah mendapat penjelasan dari Menteri PUPR di lokasi bendungan, Puan Maharani dan rombongan akan bergeser menuju kawasan titik nol IKN masih menggunakan helikopter.

"Di lokasi IKN rombongan Ketua DPR dan Panglima TNI akan meninjau Menara Pandang Soedarmono. Kemudian melihat rencana lokasi pembangunan Istana Negara dan titik nol IKN. Penjelasan nanti akan diberikan oleh Dirjen Cipta Karya," jelas Ivan.

3. Rombongan akan meninjau pembangunan Jembatan Pulau Balang

Puan Maharani, Panglima TNI, dan Mendagri Bersama-sama Tinjau IKNJembatan Pulau Balang sebelum tersambung (Satker KemenPUPR Pulau Balang)

Selesai meninjau kawasan IKN, rencananya Ketua DPR dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa juga akan meninjau Jembatan Pulau Balang yang akan menghubungkan PPU dengan Balikpapan. 

Setelah itu mereka akan kembali ke Balikpapan menggunakan speedboat melalui Pelabuhan Semayang dan langsung menuju Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan untuk kembali ke Jakarta.

"Kunjungan para pejabat negara ini menjadi bukti kuat bahwa pemerintah sangat serius dengan rencana pemindahan IKN," tandas Juru Bicara Gubernur Kaltim ini.

Selama kunjungan Ketua DPR hari ini, Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi akan mendampingi. 

Baca Juga: Pemprov Kaltim Uji Materi soal Pulau Balak Balakan ke MA? 

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya