Puslabfor Polri Turun Tangan Selidiki Kasus Alfamart yang Ambruk 

Kasus yang menyebabkan empat orang tewas

Balikpapan, IDN Times - Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri turun tangan menyelidiki penyebab ambruknya bangunan Alfamart di Banjar Kalimantan Selatan (Kalsel). Bangunan berbentuk rumah toko (ruko) tiga lantai yang memakan empat korban tewas terdiri pelanggan serta pegawai Alfamart. 

 

"Untuk menentukan titik-titiknya (penyebab bangunan rubuh) saja," kata Kasat Reskrim Polres Banjar Inspektur Satu Fransiskus Manaan di tempat kejadian, Rabu (20/4/2022). 

1. Tim Puslabfor mengumpulkan keterangan dari saksi

Puslabfor Polri Turun Tangan Selidiki Kasus Alfamart yang Ambruk Proses evakuasi korban retail Alfamart di Banjar Kalsel runtuh, Selasa (19/4/2022). Foto Polda Kalsel

Fransiskus mengatakan, tim Puslabfor Polri sedang mengumpulkan keterangan dari para warga dan saksi-saksi di lapangan. Tim ini dibantu tugasnya oleh Inafis Polda Kalsel dan Polres Banjar.

Berbagai sampel fisik dan keterangan masyarakat maupun saksi telah dikumpulkan oleh tim. Hasil penyelidikan diharapkan secepatnya bisa dipublikasikan agar diketahui penyebab bencana menewaskan empat orang ini. 

Baca Juga: 4 Orang Korban Tewas Alfamart Runtuh di Banjar, Ini Daftarnya

2. Izin mendirikan bangunan (IMB) lengkap

Puslabfor Polri Turun Tangan Selidiki Kasus Alfamart yang Ambruk Proses evakuasi bangunan Alfamart runtuh di Banjar Kalimantan Selatan, Selasa (19/4/2022). Foto Polda Kalsel

Saat ditanyakan terkait perizinan bangunan, Kasat Reskrim Polres Banjar mengungkapkan, jika pemilikinya juga mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB)

"IMB nya ada. Sementara, untuk fisik bangunan masih dalam pemeriksaan," ungkapnya.

Dari pantauan di lapangan, terlihat tim Puslabfor sedang melakukan penyelidikan penyebab rubuhnya bangunan tersebut. Mereka menurunkan alat berat ekskavator untuk mempermudah jalannya penyelidikan. 

Alat berat  ini dipergunakan agar tim Puslabfor dapat memeriksa kondisi fondasi bangunan tersebut.

3. Bangunan Alfamart di Banjar runtuh

Puslabfor Polri Turun Tangan Selidiki Kasus Alfamart yang Ambruk Proses evakuasi bangunan Alfamart runtuh di Banjar Kalimantan Selatan, Selasa (19/4/2022). Foto Polda Kalsel

Tim SAR sudah menyelesaikan proses evakuasi runtuhnya bangunan Alfamart berlokasi di Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar Kalsel.

Berdasarkan data sementara ada 16 korban dalam peristiwa runtuhnya bangunan Alfamart, baik dari karyawan maupun pengunjung.

Dari para korban yang sudah berhasil ditemukan,  12 orang dalam kondisi selamat dan 4 meninggal dunia.

Baca Juga: Alfamart Runtuh di Banjar, Proses Evakuasi Belasan Korban

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya