Ribuan Ibu Hamil di Balikpapan Sudah Menerima Vaksinasi COVID-19

Ibu hamil takut divaksin masih jadi kendala

Balikpapan, IDN Times - Ribuan ibu-ibu hamil di Balikpapan Kalimantan Timur telah memperoleh vaksinasi di masa pandemik COVID-19. Jumlahnya dalam pendataan sebanyak 1.128 orang masih kurang dari target semula sebanyak 2.500 ibu hamil memperoleh suntikan vaksinasi. 

“Ini yang pertama kali kami laksanakan di RSUD Beriman Balikpapan,” kata tim medis Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Rinda, Jumat (24/9/2021).

1. Sebanyak 112 ibu hamil akan divaksin

Ribuan Ibu Hamil di Balikpapan Sudah Menerima Vaksinasi COVID-19Vaksinasi COVID-19 ibu hamil di Balikpapan Kalimantan Timur, Jumat (24/9/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Pemkot Balikpapan menggelar vaksinasi RSUD Beriman dikhususkan para ibu hamil di mana targetnya sebanyak 112 orang. Namun, karena Balikpapan diguyur hujan sehingga sampai siang tadi baru sekitar 50 persen yang hadir ibu hamil.

“Target hari ini sebanyak 112 orang, namun yang hadir baru sekitar 60 orang. karena lagi hujan deras,” jelasnya.

Saat ini pihaknya, lanjut Rinda, terus menghubungi ibu hamil yang akan mendapatkan suntikan vaksinasi jenis Moderna tersebut.

Baca Juga: Pemerintah Pusat Tak Jadi Turunkan Level PPKM Balikpapan 

2. Vaksinasi ibu hamil akan terus dilakukan

Ribuan Ibu Hamil di Balikpapan Sudah Menerima Vaksinasi COVID-19Vaksinasi COVID-19 ibu hamil di Balikpapan Kalimantan Timur, Jumat (24/9/2021). (IDN Times/Hilmansyah)

Dikatakannya, sejak di launching vaksinasi ibu hamil di Sentra Vaksinasi Gedung BSSC Dome, saat ini ada sebanyak 1.128 ibu hamil yang telah divaksin dari target sebanyak 2.500 orang ibu hamil se Balikpapan.

“Sebelum di RSUD Beriman Balikpapan, pihaknya juga telah melaksanakan vaksinasi ibu hamil di RS Sayang Ibu, dan rencananya juga akan dilaksanakan di RS Ibu dan Anak Asih Sepinggan Balikpapan Selatan,” ujarnya.

Vaksinasi di RS Ibu dan Anak Asih akan menyasar ratusan ibu hamil.

3. Ibu hamil takut divaksin masih jadi kendala

Ribuan Ibu Hamil di Balikpapan Sudah Menerima Vaksinasi COVID-19Dokter Rinda dari Dinas Kesehatan Kota Balikpapan. (IDN Times/Hilmansyah)

Rinda menjelaskan, capaian vaksinasi ibu hamil di Kota Balikpapan karena ada beberapa kendala.

“Salah satunya ada beberapa kasus ibu hamil yang takut divaksin,” ujarnya.

Selain itu, ibu hamil juga harus mendapat izin dari suami, orangtua maupun mertua. Kemudian juga ada pasangan suami istri yang takut karena anak pertama.

“Karena ibu hamil itu vaksin bukan buat dirinya, dia harus izin dari suami Izin sama orangtua, izin sama mertua, jadi itu yang jadi satu kendala,” paparnya.

Kemudian ada yang takut divaksin. Dengan alasan melindungi keselamatan bayi dalam kandungan. 

“Jadi capaian kami masih rendah sekali,” jelasnya.

Persyaratan ibu hamil memperoleh vaksinasi, yakni usia kehamilan di atas 13 minggu, vaksinasi yang dibawa buku KIA, membawa KTP, pulpen supaya tak bergantian dalam pengisian formulir, kondisi sehat, dan sarapan. 

Baca Juga: Gubernur Heran, Kenapa Balikpapan dan Kukar Masih PPKM Level 4

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya