Ribuan Personel Amankan Arus Mudik Lebaran di Kaltim

Petugas pengamanan gabungan di Kaltim

Samarinda, IDN Times - Sedikitnya 1.345 personel lintas sektoral dikerahkan Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur (Kaltim) guna pengamanan arus mudik dan perayaan lebaran tahun ini. 

“Jumlah 1.345 personel ini tidak hanya berasal dari kepolisian, tetapi juga dari TNI, Basarnas, BPBD, Dishub, Jasa Marga dan unsur lain seperti Orari, PMI dan pramuka,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Kaltim Komisaris Besar Pol Sonny Irawan dalam akun Instagram Pemprov Kaltim.  

Aparat menggelar Ramp Check Transportasi Darat yang dilakukan Dinas Perhubungan Kaltim di Balikpapan, Kamis (14/4/2022).

1. Ribuan personel akan ditempatkan di sejumlah titik

Sonny menjelaskan, nantinya ribuan personel tersebut akan disebar pada sejumlah pos, baik pos terpadu, pos pelayanan dan pos pengamanan yang ada di wilayah Kaltim.

“Untuk wilayah Balikpapan, pos terpadu ada di Bandara Sepinggan, Kariangau dan Pelabuhan Semayang,” sebutnya.

Baca Juga: Kaltim Siap Sukseskan Pra KTT III Y20 Summit 

2. Pos pengamanan didirikan di pusat keramaian

Ribuan Personel Amankan Arus Mudik Lebaran di Kaltimmerdeka.com

Sementara pos pengamanan dan pelayanan akan didirikan di pusat keramaian seperti mal dan pusat perbelanjaan maupun tempat-tempat wisata.

“Biasanya H-1 hingga H+7 tempat wisata ini kan ramai pengunjung yang memanfaatkan libur lebaran,” ujar Sonny.

3. Pos terpadu pengamanan sebagai gerai vaksin

Ribuan Personel Amankan Arus Mudik Lebaran di KaltimIlustrasi. Pengendara melintas di pos penyekatan larangan mudik yang tidak dijaga petugas di Cikokol, Tangerang, Banten, Jumat (7/5/2021) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Dia mengatakan, nantinya pos terpadu selain pos pengamanan juga berfungsi sebagai gerai vaksin bagi pemudik yang belum melakukan vaksin dosis ketiga atau booster, sebagai salah satu syarat melakukan perjalanan mudik.

"Atensi Kapolri tidak ada perintah untuk memutar balik arah bagi pemudik yang diketahui belum melakukan vaksin booster,“ jelas Sonny.

Para pemudik yang tidak memiliki surat antigen dan PCR dan belum vaksin dosis ketiga akan diarahkan untuk melakukan vaksin di pos terpadu. 

Baca Juga: Polda Kaltim akan Tindak Aksi Penutupan Jalan Tol di Kaltim

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya