Comscore Tracker

Ruang Publik di Banjarmasin yang Ramai dengan Aktivitas Warga

Sarana publik bagi masyarakat

Banjarmasin, IDN Times - Ruang publik di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) ramai oleh aktivitas warga setempat. Apalagi pasca pelonggaran pembatasan masyarakat selama pandemik COVID-19. 

Hampir tidak pernah sepi pengunjung, apalagi di hari-hari liburan. Masyarakat Banjarmasin, baik tua dan muda menghabiskan waktu mereka bersama keluarga di lokasi ruang publik. 

Taman Kamboja misalnya, berlokasi di Jalan Anang Adenansi Banjarmasin Tengah itu dijadikan andalan masyarakat sebagai sarana publik gratis.

Bagaimana tidak, selain tempatnya rindang penuh pepohonan, lokasi wisata yang dulunya adalah lokasi kuburan dan terkenal angker ini sudah asri. Pemerintah Kota Banjarmasin menyulap menjadi sarana publik yang yang nyaman untuk aktivitas masyarakat. 

1. Taman Kamboja

Ruang Publik di Banjarmasin yang Ramai dengan Aktivitas WargaRuang publik di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) ramai oleh aktivitas warga setempat. (IDN Times/Hamdani)

Taman Kamboja sudah menjadi kesayangan masyarakat Banjarmasin. Tidak pagi, siang dan sore, tempat ini biasanya dijadikan berbagai aktivitas berbagai kalangan remaja untuk berlatih tarian modern, olahraga, hingga bermain anak-anak. 

Pada malam hari pun, Taman Kamboja tak jarang menggelar pertunjukan air mancur menari. Pertunjukan ini memanjakan mata warga dimulai pukul 20.00 hingga 22.00 Wita. 

Menurut Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Marzuki, Taman Kamboja memang diperuntukkan bagi masyarakat. Juga dilengkapi fasilitas membaca buku-buku sudah disiapkan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Banjarmasin.

Ia mengaku syukur, ruang publik yang di kelola pihaknya selalu dikunjungi masyarakat sebagai wadah menyalurkan bakat, ajang kreativitas hingga hanya bersantai. "Siang hingga malam, taman ini tak pernah sepi. Ruang publik selain Taman Kamboja juga tak kalah ramai, seperti taman bawah jembatan banua anyar," bebernya.

Baca Juga: Pagebluk PMK yang Membuat Pedagang Ternak di Banjarmasin Rugi Besar

2. Taman Bawah Jemban Banua Anyar.

Ruang Publik di Banjarmasin yang Ramai dengan Aktivitas WargaRuang publik di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) ramai oleh aktivitas warga setempat. (IDN Times/Hamdani)

Ruang publik satu ini salah satu tempat yang unik. Pasalnya pemda setempat menjadikan lahan di bawah Jembatan Banua Anyar Banjarmasin Timur itu jadi tempat bermain anak.

Marzuki mengatakan, tempat itu sebelumnya hanya sebuah tanah kosong. Singkat cerita kemudian ada usulan warga agar lahan dimanfaatkan sehingga tercipta wahana bermain anak yang diresmikan Wali Kota Banjarmasin.

Marzuki menyatakan, tempat bermain anak ini berulang kali mengalami kerusakan karena terkadang digunakan oleh orang dewasa. Hal itu juga termasuk fasilitas di Taman Kamboja dan fasilitas ruang publik lainnya di Banjarmasin.

"Meskipun berulang mengalami kerusakan, pemkot telah menyiapkan anggaran perawatan untuk perbaikan itu. Kalau ada kerusakan parah, maka akan diganti yang baru," tuturnya.

3. Sarana publik di Banjarmasin

Ruang Publik di Banjarmasin yang Ramai dengan Aktivitas WargaRuang publik di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) ramai oleh aktivitas warga setempat. (IDN Times/Hamdani)

Jeck panggilan akrap Marzuki ini mengungkapkan, sedikitnya ada sekitar 70 ruang publik Banjarmasin yang berjuluk Kota Seribu Sungai Ini.

Salah satunya tadi Taman Kamboja, Taman Bawah Jembatan, Mahatama, Siring Tendean, Menara Pandang dan masih banyak tempat lainnya yang bisa dimanfaatkan warga secara gratis.

"Semua sarana publik yang dibangun Pemkot Banjarmasin diberikan untuk masyarakat secara gratis," katanya.

Baca Juga: Hari Anak Ternoda dengan Kasus Pemerkosaan Anak Kandung di Banjarmasin

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya