Temuan Kasus Gizi Buruk di Samarinda, Pemprov Kaltim Berikan Bantuan

Kunjungan home visit ke rumah warga

Samarinda, IDN Times - Setelah mendengar dan melakukan kunjungan (home visit) di lapangan, bahwa ada warga Kota Samarinda yang mengalami gizi buruk, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pun sigap.

Ternyata benar ada warga yang mengalami kondisi gizi buruk, atas nama Agus. Tinggal bersama orang tuanya Noor Patimah, warga Jalan Adam Malik 2, Gang Java, No 2, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda.

"Alhamdulillah, setelah melihat di rumah penderita, tim kami langsung sigap memberikan bantuan," ucap Kepala Dinas Sosial Kaltim HM Agus Hari Kesuma melalui Kabid Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Achmad Rasyidi dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Rabu 11 Mei 2022.

1. Pemprov Kaltim langsung turun ke lapangan

Pemprov Kaltim melalui Dinsos berdasarkan arahan gubernur maupun wagub langsung sigap setelah mengetahui kondisi tersebut. Bantuan yang diberikan lanjutnya, berupa paket sembako dan sudah berkoordinasi dengan Dinkes, Puskesmas dan pihak Kecamatan Sungai Kunjang.

Berdasarkan laporan, seluruh pihak juga sudah melakukan kunjungan lapangan terkait penanganan dan pemeriksaan kesehatan, di mana sekarang dalam kondisi rawat jalan.

"Kita prihatin masih ada warga yang terindikasi gizi buruk. Karena itu, kesehatan ibu dan anak menjadi perhatian Pemprov Kaltim," ungkap Agus.

2. Bantuan akan diberikan

Adapun bantuan yang diberikan berupa beras lima kilogram, minyak dua liter, gula, tepung, teh, kue kaleng dan sirup serta sejumlah dana untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.

Warga tersebut juga sudah pernah dirawat di RSU AWS dan Dirgahayu, sekarang rawat jalan dengan pihak puskesmas rutin mengunjungi ke rumah pasien. Agus merupakan anak yang masih berusia 15 tahun. Kondisi tersebut, dialami bersangkutan ketika usia lima tahun dan timbangannya hanya mencapai 10 kilogram.

"Dia sudah memiliki Kartu BPJS Kesehatan," ungkap Agus.

Baca Juga: AJI Sesalkan Panggilan Pemeriksaan kepada Tiga Jurnalis di Balikpapan

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya