Tim Transisi IKN Mulai Gelar Rapat Perdana 

IKN jadi global talent magnet

Samarinda, IDN Times - Sebagai tindak lanjut atas terbitnya Kepmensesneg No 105/2022 tentang Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan dan Pemindahan IKN, dilaksanakan pertemuan perdana dengan agenda mendengarkan arahan Menteri Sekretaris Negara.

Pertemuan digelar di Ruang Rapat Gedung Utama Kemensesneg. Rapat ini dihadiri oleh Tim Transisi IKN yang terdiri Kementerian/Lembaga yang terlibat langsung dalam persiapan pembangunan IKN termasuk dari Provinsi Kaltim yang diwakili oleh Anggota Tim Ahli Prof Dr H Masjaya dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kaltim EA Rafiddin Rizal mewakili Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor.

“IKN juga akan menjadi Global Talent Magnet. Jika Global Talent mau datang dan tinggal di IKN akan menjadi indikator keberhasilan pembangunan kota yang mendukung ilmu pengetahuan, pendidikan, kesehatan yang baik,” ucap Rafiddin Rizal kepada Tim Publikasi Biro Adpim Setdaprov Kaltim termuat dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Selasa (10/5/2022).

1. Arahan dari Menteri Sekretaris Negara

Dikatakan oleh Rizal, pada kesempatan tersebut disampaikan arahan dari Mensesneg RI Prof Pratikno, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Wakil Ketua Otorita IKN Dhonny Rahajoe serta Wamen LHK Alue Dohong.

Rizal melalui sambungan telepon menyampaikan bahwa Mensesneg berpesan IKN diharapkan menjadi Indonesia experience di semua bidang, yaitu suatu kota metropolitan baru yang menjadi ibu kota negara, sekaligus ibu kota keuangan, ibu kota ilmu pengetahuan dan teknologi, ibu kota ekonomi bukan hanya sekadar ibu kota Indonesia saja.

Baca Juga: Kunjungi IKN Nusantara, Ketua MA Temui Gubernur Kaltim

2. Otorita IKN dalam pembangunan IKN

Tim Transisi IKN Mulai Gelar Rapat Perdana Prosesi tanah dan air Gentong Nusantara di IKN Nusantara, Senin (14/3/2022). Foto YouTube Biro Pers, Media Kepresidenan

Kemudian, Otorita IKN dalam pembangunan IKN dalam tahapan persiapan, pembangunan, pemindahan dan penyelenggaraan pemerintahan, dengan langkah dan strategi yang dilaksanakan otorita meliputi koordinasi dengan Tim Transisi dengan meleburnya beberapa satgas yang dibentuk Kementerian/Lembaga untuk lebih terkoordinir dan sinergis satu dengan yang lain.

3. Konsolidasi program menjadi kunci pembangunan

Tim Transisi IKN Mulai Gelar Rapat Perdana Sejumlah bahan kontruksi berada di lokasi segmen tiga di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Selain itu, konsolidasi program yang menjadi kunci sukses pembangunan. Ketiga, kolaborasi antar Kementerian/Lembaga dan stakeholders lain serta komunikasi internal dan eksternal untuk mendapatkan trust dalam bekerja.
.
“Diharapkan tahap I pembangunan IKN menjadi point of no return pada sisi perencanaan dan seterusnya, di mana pembangunan tidak hanya memindahkan dan membangun gedung dan fisik semata. Namun bagaimana memindahkan manusia, di mana IKN akan menjadi kota yang paling membahagiakan manusia pada semua aspek, pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup dan lainnya,” jelasnya. 

Baca Juga: Kegiatan di IKN, Presiden Kunjungi Titik Nol IKN di Sepaku PPU

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya