Tinjau Lokasi Bandara IKN Nusantara, Menhub Puas

Lokasinya dianggap strategis untuk IKN

Samarinda, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi didampingi Gubernur Kaltim meninjau lokasi rencana pembangunan bandara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Dari pengamatan Menhub pun merasa puas mengingat lokasi bandara yang dianggap sangat baik dan strategis.

“Tadi saya dengan Pak Isran terbang ke IKN untuk memastikan bandara yang akan kita bangun telah dilakukan penelitian, lokasinya sangat baik,” kata Menhub dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Selasa (22/2/2022). 

1. Terletak di antara Balikpapan dan jalan tol

Tinjau Lokasi Bandara IKN Nusantara, Menhub PuasMenteri Perhubungan Budi Karya meninjau lokasi Bandara IKN Nusantara di Kalimantan Timur, Senin (21/2/2022). (IDN Times/Hilmansyah)

Dia pun menjelaskan, lokasi bandara juga sangat strategis, sebab terletak di antara Balikpapan dan IKN, serta akan terhubung dengan jalan tol.

“Bandara yang akan kita bangun dengan panjang runway 3.000 meter, akan bisa didarati pesawat jenis apa pun, termasuk jenis Airbus A400,” sebutnya.

Bandara yang dibangun akan bertipe bandara internasional, sekaligus dapat digunakan keperluan militer dengan berkoordinasi TNI Angkatan Udara.

Baca Juga: Tempat Ini Nantinya akan Jadi Bandara Internasional IKN Nusantara

2. Ukurannya sama dengan Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta

Dirinya juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kaltim atas perhatian dan kerja sama dalam rencana pembangunan IKN Nusantara terutama di sektor transportasi.

“Saya yakin ukuran yang sama dengan Bandara Adi Sutjipto di Yogyakarta, dan pengalaman Indonesia dalam membangun bandara, Bandara IKN Nusantara akan bisa terwujud,” ujar Budi Sumadi.

Dalam kesempatan itu, Budi pun mengucapkan terima terima kasih kepada Gubernur Kaltim. Khususnya dalam mengupayakan lahan untuk pembangunan bandara ini. 

"Terima kasih Pak Isran, selama ini sangat kooperatif dalam rencana pembangunan bandara di IKN ini,” tandasnya.

3. Gubernur Isran mengantar langsung Menhub

Isran mendampingi Menteri Perhubungan melakukan peninjauan lokasi terkait kesiapan pembangunan infrastruktur transportasi di IKN Nusantara, di Sepaku, Penajam Paser Utara, Senin, 21 Februari 2022.

"Tadi bersama Pak Menteri Perhubungan, kita melihat lokasi yang rencananya dibangun bandara di kawasan IKN Nusantara,” kata Gubernur Isran dalam konferensi pers yang dihelat di Gedung VIP Room Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Isran menguraikan, bandara yang akan dibangun terletak di luar kawasan inti IKN Nusantara, dengan pertimbangan keamanan, sehingga tidak boleh terlalu dekat dengan istana yang nantinya dibangun di IKN.

4. Peruntukan Bandara IKN Nusantara

Nantinya, bandara yang akan dibangun di IKN Nusantara dikhususkan pejabat dan tamu negara VVIP serta digunakan untuk keperluan militer.

"Kira-kira kalau dihitung garis lurus berjarak sekitar 20 km dari titik nol atau istana negara,” sebutnya.

Selain itu, bandara di IKN akan terintegrasi dengan moda transportasi modern yang cerdas dan ramah lingkungan.

“Tahun ini sudah dimulai kegiatannya berupa survei-survei," pungkasnya. 

Baca Juga: Ini Universitas Pertama akan Bangun Kampus di IKN Nusantara

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya