TNI AL Amankan Jalur Pengiriman Logistik Pembangunan IKN

Menjadi perhatian utama TNI AL

Penajam, IDN Times - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) ikut aktif mengamankan pengiriman material dan logistik untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia baru bernama Nusantara yang lokasinya berada di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara-Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

"Pengamanan pengiriman material dan logistik untuk pembangunan IKN Nusantara itu menjadi perhatian utama kami," kata Komandan Pos TNI Angkatan Laut Penajam Peltu Mes Suharsono di Penajam diberitakan Antara, Jumat (9/9/2022).

1. Instruksi dari Pangkalan TNI AL di Balikpapan

TNI AL Amankan Jalur Pengiriman Logistik Pembangunan IKNWarga berfoto di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/8/2022). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp

Ia mengatakan, bahwa pengiriman material dan logistik untuk kebutuhan pembangunan IKN Indonesia baru lebih banyak melalui jalur laut. Menurut Suharsono, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Balikpapan telah memberikan instruksi untuk melakukan pengamanan terhadap aktivitas kapal pengangkut material dan logistik yang berlayar menuju perairan Penajam Paser Utara.

"Pengamanan tersebut untuk memastikan tidak ada kendala terhadap pengiriman material dan logistik hingga masuk ke wilayah IKN Nusantara," ujarnya.

2. Aktivitas kapal pengangkut logistik mulai ramai

TNI AL Amankan Jalur Pengiriman Logistik Pembangunan IKNTruk melintas di proyek pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 2 di Lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di PPU, Rabu (17/8/2022). ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/hp.

Beberapa waktu terakhir aktivitas kapal yang memuat material berupa batu koral untuk pembangunan IKN Indonesia baru mulai ramai dan diperkirakan kapal tambat serta bongkar muatan di wilayah Kecamatan Sepaku.

Suharsono menambahkan Pos AL Penajam diinstruksikan untuk membantu dan melancarkan aktivitas kapal pengangkut material dan logistik IKN Nusantara yang biasanya masuk wilayah setempat pada malam hari.

"Potensi kecelakaan lalu lintas transportasi umum jalur laut di perairan Teluk Balikpapan bisa diminimalisasi karena kapal pengangkut material dan logistik pembangunan IKN Indonesia baru mulai aktivitas malam hari," jelasnya.

3. Memperlancar proses pembangunan IKN Nusantara

TNI AL Amankan Jalur Pengiriman Logistik Pembangunan IKNSejumlah alat berat membuka akses jalan di lokasi segmen tiga di kawasan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022). (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Ia mengatakan pengamanan aktivitas kapal pengangkut material dan logistik untuk mengantisipasi terjadinya kendala dan permasalahan selama pembangunan IKN Nusantara.

Selain itu juga agar tidak terjadi keterlambatan pengiriman material dan logistik yang dapat menghambat proses pengerjaan pembangunan ibu kota negara Indonesia baru.

Baca Juga: Kegiatan di IKN, Presiden Kunjungi Titik Nol IKN di Sepaku PPU

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya