Tugas ke Daerah Konflik, Ini Tradisi Dilakukan Prajurit Raider 600

Batalyon Raider 600 Modang kirimkan 450 prajurit ke Papua

Balikpapan, IDN Times - Batalyon Infantri Raider 600 Modang Kodam VI Mulawarman akan memberangkatkan prajuritnya ke Papua dalam waktu dekat. Kondisi keamanan dan ketertiban di Papua memang belum kondusif adanya ancaman dari gerombolan kelompok kriminal bersenjata (KKB). 

Nah, ada salah satu tradisi Batalyon 600 Modang sebelum melaksanakan operasi ke luar wilayah dan prajurit baru, yakni dengan mendatangi Tugu Modang berada di Desa Modang, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser Kalimantan Timur (Kaltim). 

 

“Asalnya nama Modang itu dari sini kampung Modang. Dulu ada namanya masyarakat Suku Modang dan menetap di desa ini. Ini menjadi tradisi kami baik prajurit baru maupun yang akan melaksanakan tugas operasi kami," kata Komandan Yonif Raider 600 Modang Mayor Karuniawan Hanif Arridho, Minggu (27/3/2022). 

1. Berkumpul di Tugu Modang

Tugas ke Daerah Konflik, Ini Tradisi Dilakukan Prajurit Raider 600Prajurit Raider 600 Modang memberikan bantuan kepada warga Modang. Foto istimewa

Hanif mengatakan, prajurit Yonif Raider 600 Modang mendatangi langsung Tugu Modang. Khususnya para prajurit yang akan melaksanakan tugas khusus dalam Operasi Satgas Satuan Organik Yonif Raider 600 Modang di Papua. 

Tugu Modang bisa dikatakan menjadi titik tempat pelaksanaan tradisi para prajurit Yonif Raider 600 Modang. Agar mereka bisa melaksanakan tugas diberikan negara dengan baik. 

Baca Juga: Pandam Mulawarman Terobos Hutan untuk Siapkan Pengamanan Nusantara

2. Silaturahmi dengan warga Modang

Tugas ke Daerah Konflik, Ini Tradisi Dilakukan Prajurit Raider 600Prajurit Raider 600 Modang memberikan bantuan kesehatan kepada warga Modang. Foto istimewa

Hanif memimpin langsung para prajurit dalam proses acara sekaligus silaturahmi dengan masyarakat Desa Modang. Selain menggelar silaturahmi dan doa bersama dengan warga Desa Modang, Raider 600 Modang juga memberikan bantuan berupa sumber air bersih dan pengobatan gratis.

“Warga Desa Modang ini kesulitan air bersih, biasanya mereka membeli, di sini tidak ada sumur bor adanya sumur tadah hujan dan airnya kurang baik untuk dikonsumsi. Makanya dengan teknologi yang cukup sederhana kita berikan air bersih dan sehat untuk dikonsumsi oleh warga Modang. Harapan kita sedikit meringankan beban warga di sini,” harapnya.

3. Warga Modang antusias bantuan TNI

Tugas ke Daerah Konflik, Ini Tradisi Dilakukan Prajurit Raider 600Prajurit Raider 600 Modang memberikan bantuan air bersih kepada warga Modang. Foto istimewa

Warga Modang antusias dengan adanya bantuan dari pasukan TNI ini. Salah seorang warga Desa Modang bernama nenek Nenbo (65) sangat bersyukur dengan bantuan tempat pengelolaan air bersih yang diberikan oleh Yonif Raider 600 Modang.

Dia berharap ini dapat membantunya dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

“Kalau kemarau air beli, susah untuk mendapatkan air di sini, adanya bantuan ini sangat membantu sekali, Alhamdulillah terima kasih Yonif Raider 600 Modang,” ungkapnya saat menerima bantuan ini. 

Baca Juga: Papua Memanas, Kodam Mulawarman Kirimkan 450 Prajurit

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya