Unmul Kirim 200 Mahasiswa KKN ke Wilayah IKN

Membangun kesiapan seluruh pemangku kepentingan

Samarinda, IDN Times - Sejumlah 200 mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) akan mengikuti program kuliah kerja nyata (KKN) di wilayah Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur (Kaltim).

Kehadiran para mahasiswa peserta KKN ini diharapkan ikut membangun kesiapan seluruh pemangku kepentingan dalam menyukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang akan segera dimulai pada semester kedua tahun ini.

"Selamat kepada seluruh mahasiswa yang mendapat tugas program KKN di IKN," kata Kepala Biro Kesra Setda Prov Kaltim Andi Muhammad Ishak dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Jumat (17/6/2022).  

1. Pemprov Kaltim mengapresiasi komitmen para mahasiswa Unmul

Pemprov Kaltim sangat mengapresiasi program ini, semoga dapat menjalankan kegiatan dengan baik dan mudah. Seperti disampaikan Andi dalam pelepasan KKN Angkatan ke 48 bertema Desa Mandiri Menyongsong IKN di Kampus Unmul Samarinda. 

Andi berpesan seluruh mahasiswa agar dapat mengeksplorasi dengan wawasan dan keilmuan yang telah diterima selama kuliah. Apalagi, berhadapan dengan warga IKN, diharapkan mampu mengembangkan potensi yang ada di wilayah tersebut.

"Pemerintah percaya dan yakin seluruh mahasiswa yang KKN mampu serta kreatif ketika terjun ke masyarakat. Semoga, membawa terobosan dalam pengembangan wilayah," jelasnya.

Baca Juga: Sambil Gendong Anak, IRT di Balikpapan Curi Empat Motor

2. Badan Otorita IKN turut melepaskan keberangkatan mahasiswa Unmul

Unmul Kirim 200 Mahasiswa KKN ke Wilayah IKNTim KKN Abmas ITS bikin UKM dan sosialisasi pengolahan limbah ikan jadi gelatin. Dok. Humas ITS.

Sementara, Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe yang hadir secara daring, melalui rilis persnya, mengapresiasi dan memberikan dukungan kepada para mahasiswa dan seluruh pihak yang berkontribusi untuk pelaksanaan KKN di wilayah IKN ini.

"Dalam kegiatan KKN nanti, para mahasiswa akan membantu mengidentifikasi kondisi desa-desa di wilayah Ibu Kota Nusantara, sekaligus merumuskan solusi yang bisa dijalankan untuk menyongsong pembangunan IKN," pesannya.

Lebih lanjut, ujar Dhony lewat pengumpulan data secara memadai dan perumusan masalah secara baik, akan muncul alternatif solusi sekaligus uji coba model solusi yang diusulkan sebagai program kerja unggulan.

3. Tugas dilakukan mahasiswa Unmul selama KKN di IKN

Unmul Kirim 200 Mahasiswa KKN ke Wilayah IKNSebuah kendi yang berisi tanah dan air dari seluruh provinsi se-Indonesia usai seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.)

Kemudian, aktivitas yang akan dilakukan di antaranya pemetaan kebutuhan tenaga kerja dan peluang usaha serta pemetaan potensi warga lokal dalam mengisi kebutuhan dan peluang.

"Para mahasiswa juga akan mendalami budaya plural yang sudah ada di kalangan warga desa dan bagaimana mengembangkan," jelasnya.

Prinsipnya, sambung Dhony, mahasiswa KKN Unmul dapat ikut terlibat langsung menyukseskan pembangunan yang akan segera dimulai untuk memenuhi visi Ibu Kota Nusantara, “Kota dunia untuk Semua”.

Seremoni penyerahan mahasiswa dilakukan oleh Rektor Universitas Mulawarman Prof Dr Masjaya kepada Pemprov Kaltim yang diwakili oleh Kepala Biro Kesra Setda Prov Kaltim Andi Muhammad Ishak. 

Baca Juga: Kerja Sama BPN dan Unmul Samarinda dalam Penyelesaian Persoalan Tanah

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya