Wagub Kaltim Minta Pemilih Pemula agar Cerdas dalam Memilih 

Menggunakan hak pilih dengan cerdas

Samarinda, IDN Times - Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi mengimbau pemilih pemula pada Pemilu 2024 untuk menggunakan hak pilihnya dengan cerdas dan tidak Golput.

“Saya berpesan, anak-anak muda yang menjadi pemilih pemula dalam pemilu tahun depan untuk menggunakan hak pilih dengan cerdas dan jangan sampai golput,” tutur Wagub Hadi Mulyadi usai menghadiri Gerakan Cerdas Memilih dalam akun Instagram Pemprov Kaltim di Auditorium Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Rabu (31/5/2023).

1. Pemilih pemula di Kaltim diminta cerdas

Dalam acara yang disiarkan secara langsung di seluruh jaringan Radio Republik Indonesia (RRI) itu, Wagub Hadi juga berpesan kepada para pemilih pemula di Kaltim untuk cerdas dalam memilih wakil-wakilnya di pemilu mendatang.

“Cerdas memilih itu, dengan menggunakan hati nurani, sehingga dapat memilih mana partai dan calon wakil yang dapat memperjuangkan kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Jemaah Haji Samarinda akan Berangkat Lewat Embarkasi Balikpapan

2. Kewajiban dalam menyukseskan hajatan pemilu

Wagub Kaltim Minta Pemilih Pemula agar Cerdas dalam Memilih Ilustrasi pemungutan suara atau pencoblosan (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Para pemilih pemula, lanjutnya, juga mempunyai kewajiban dalam menyukseskan hajatan lima tahunan itu, salah satunya, dengan tidak menyebarkan berita-berita hoaks yang dapat meresahkan dan memecah belah persatuan.

“Ciptakan suasana aman yang kondusif, sehingga pemilu dapat berjalan aman dan damai,” tandasnya.

3. Momen penting generasi milenial dan Gen Z

Wagub Kaltim Minta Pemilih Pemula agar Cerdas dalam Memilih Surat suara dalam simulasi pencoblosan untuk Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (22/3/2022). Rencananya, surat suara untuk Pemilu 2024 hanya berjumlah dua surat suara. (IDN Times/Melani)

Pemilu 2024 akan menjadi momen penting kalangan generasi milenial dan generasi Z untuk menentukan arah masa depan Indonesia. Berdasarkan data dari KPU proporsi jumlah pemilih pemula pada pemilu 2024 adalah sebanyak 107 juta pemilih atau sekitar 53 persen dari jumlah pemilih di Indonesia.

Tampak hadir dalam acara yang diikuti ratusan peserta dari sejumlah SMA/SMK dan perguruan tinggi di Samarinda, anggota KPU Kaltim Mukhasan Ajib, Anggota DPRD Kaltim, Jahidin dan Kepala Stasiun RRI Samarinda, Arlin Setyaningsih.

Baca Juga: Enam Kasus Berhasil Diselesaikan Kejari Samarinda dengan Car RJ

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya