Wakil Gubernur Kaltim Terima Audiensi PT Kaltim Kariangau Terminal

Terkait pengembangan KKT ke depan

Samarinda, IDN Times - Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi menerima audiensi Direktur Utama PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT) Abdul Aziz di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (26/7/2022). Audiensi itu terkait pengembangan KKT ke depan, dalam upaya merespons pertumbuhan dan peningkatan arus peti kemas di Kaltim.

“Secara year on year terjadi pertumbuhan arus peti kemas murni cukup bagus, yakni mencapai hingga 11 persen,” kata Direktur Utama KKT Abdul Aziz dalam akun Instagram Pemprov Kaltim. 

1. Permintaan masyarakat akan kebutuhan layanan jasa kepelabuhanan

Aziz mengatakan, permintaan masyarakat akan kebutuhan layanan jasa kepelabuhanan terutama peti kemas, akhir-akhir ini cukup tinggi. Hal itu ditandai dengan meningkatnya pertumbuhan arus peti kemas.

Dalam konteks itu, Aziz yang juga didampingi Komisaris PT KKT Zainal Haq mengatakan, PT KKT dituntut adaptif terhadap permintaan jasa kepelabuhanan yang meningkat meski masih di masa pandemik itu. Salah satunya adalah pengembangan pelabuhan.

“Tentu kita harus memiliki tata ruang sesuai dengan rencana induk pelabuhan, sehingga pengembangannya lebih pasti,” urainya.

Baca Juga: Jukir yang Ancam Sopir dengan Sajam di Samarinda Diringkus Polisi

2. Perusahaan patungan antara Pemerintah Pusat dan daerah

Wakil Gubernur Kaltim Terima Audiensi PT Kaltim Kariangau TerminalIlustrasi pelabuhan. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Saat ini, perusahaan patungan antara Pemerintah Pusat melalui PT Pelindo Terminal Peti Kemas dengan Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Perusahaan Daerah Melati Bhakti Satya, tidak hanya melayani kegiatan bongkar muat peti kemas, juga melayani kegiatan multi purpose di antaranya pelabuhan batu bara

“Kami berharap dukungan dari Pemprov Kaltim sehingga rencana induk pelabuhan (RIP) ini dapat dirampungkan, sebagai dasar kegiatan multi purpose PT KKT,” ujar Aziz.

3. Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menyambut baik kunjungan jajaran direksi KKT

Wakil Gubernur Kaltim Terima Audiensi PT Kaltim Kariangau TerminalWakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi. Potret ini diambil sebelum COVID-19 melanda Benua Etam (IDN Times/Yuda Almerio)

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menyambut baik kunjungan jajaran direksi PT KKT itu, terlebih ke depan keberadaannya cukup strategis karena Kaltim ditunjuk menjadi ibu kota negara baru.

“Peran KKT nanti pasti akan semakin penting, sebagai penyangga jasa pelabuhan di IKN. Apalagi lokasinya juga tidak jauh dari IKN,” kata Wagub Hadi.

Pemprov Kaltim akan mendukung dan mengawal sehingga RIP yang saat ini masih berproses dapat dirampungkan sebagai syarat melakukan layanan pelabuhan multi purpose. 

Baca Juga: Ayah di Samarinda Tega Melakukan Pemerkosaan Terhadap Anak Kandungnya

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya