Antisipasi Kejahatan di Balikpapan, Brimob Gelar Patroli Skala Besar

Titik-titik rawan kejahatan disambangi petugas gabungan

Balikpapan, IDN Times – Patroli skala besar digelar Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim bersama Polresta Balikpapan, pada Senin (25/11) malam. Sejumlah titik rawan kejahatan di Balikpapan disambangi tim gabungan tersebut.

Danyon A Pelopor, AKBP Gunawan Tri Laksono memaparkan, pihaknya menurunkan 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi) Brimob dalam patroli ini. Hal tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya aksi kriminalitas dalam jumlah besar saat patroli berlangsung.

“Kami siapkan 1 SSK Brimob untuk merespon situasi kontijensi apabila diperlukan, terutama menghadapi dinamika situasi yang semakin meningkat,” paparnya dalam siaran pers yang diterima media ini, Selasa (26/11).

1. Patroli juga menyisir pusat-pusat perbelanjaan

Antisipasi Kejahatan di Balikpapan, Brimob Gelar Patroli Skala BesarPatroli skala besar digelar Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim bersama Polresta Balikpapan, Senin (25/11) malam. (Sumber: Satbrimob Polda Kaltim)

Sementara itu, Wadansat Brimob Polda Kaltim, AKBP Slamet Hermawan menerangkan, dalam patroli ini, tim gabungan kepolisian mengunjungi sejumlah titik di Balikpapan dengan berkonvoi menggunakan sepeda motor. Seperti ke Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Bandara SAMS Sepinggan, Balikpapan Baru, Jalan Minyak Pertamina, Kampung Baru, Rapak, hingga kawasan Gunung Sari.

“Ada beberapa tempat yang menjadi fokus dalam patroli ini. Seperti pusat-pusat perbelanjaan, pemukiman penduduk, dan lokasi yang dinilai rawan terjadi tindak kejahatan,” paparnya.

Baca Juga: Kasus RPU Berlanjut, Polisi Periksa Unsur Pimpinan DPRD Balikpapan

2. Tujuan patroli sekaligus mendekatkan polisi dengan warga

Antisipasi Kejahatan di Balikpapan, Brimob Gelar Patroli Skala BesarPetugas patroli bersosialisasi dengan masyarakat di Balikpapan. Sumber: Satbrimob Polda Kaltim

Dijelaskan Slamet, tujuan dari patroli tersebut untuk mencegah aksi kriminalitas di Kota Minyak, sehingga kondusifitas kota tetap terjaga. Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus untuk menjaga silaturahmi antara polisi dengan masyarakat.

"Dalam patroli ini sekaligus untuk menunjukkan kepada masyarakat akan kehadiran anggota Polri,” kata perwira melati dua di pundak itu.

3. Pastikan Balikpapan aman

Antisipasi Kejahatan di Balikpapan, Brimob Gelar Patroli Skala BesarIlustrasi Brimob Polda Kaltim. IDN Times/Surya Aditya

Mengenai hasil patroli dijelaskan Dansat Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol Mulyadi. Kata dia, patroli tersebut berlangsung tertib dan lancar. Tidak ada hal-hal yang menonjol atau yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat terjadi saat patroli berlangsung.

“Kami juga meningkatkan patroli di jam rawan untuk mengantisipasi gangguan Kambtibmas seperti geng motor dan lainnya,” tutup Mulyadi.

Baca Juga: Kasus Inses di Balikpapan, Sang Bapak Bantah Setubuhi Anak Kandungnya

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya