Antisipasi Kejahatan Pilkada, Kodim 0905/Balikpapan Siapkan Pasukan

Mendapatkan pemimpin terbaik juga tergantung situasi

Balikpapan, IDN Times – Saat ini Balikpapan telah memasuki tahun politik. Tidak lama lagi, kota ini akan menghelat hajatan akbar, yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pikada) Balikpapan. Berbagai kalangan pun tengah menyusun persiapan untuk melancarkan ajang lima tahunan itu.

Salah satu yang melakukan persiapan adalah Komando Distrik Militer (Kodim) 0905, Balikpapan. Untuk memastikan Pilkada Balikpapan berlangsung damai, Kodim 0905 sudah mempersiapkan sistem pengamanan sejak saat ini.

“Kami sudah menyiapkan pasukan untuk menjaga situasi itu tetap kondusif,” kata Komandan Distrik Militer (Dandim) 0905, Letkol (Arm) I Gusti Agung Putu Sujarnawa, saat makan malam bersama awak media di Balikpapan Kota beberapa waktu lalu.

1. Kodim petakan kerawanan kejahatan Pilkada

Antisipasi Kejahatan Pilkada, Kodim 0905/Balikpapan Siapkan PasukanLetkol (Arm) I Gusti Agung Putu Sujarnawa makan malam bersama awak media di salah rumah makan di Balikpapan Kota, Jumat (3/1) lalu. Sumber: Humas Kodim 0905

Selain menyiapkan pasukan, pria dengan panggilan Agung itu menambahkan, Kodim 0905/Balikpapan juga memetakan bentuk-bentuk kerawanan kejahatan yang akan terjadi. Sehingga, aparat keamanan bisa lebih sigap dalam melakukan pencegahan ketika terjadi aksi yang dapat mengacaukan Pilkada.

“Kami tentu akan mendukung semua untuk membantu pengamanan demi melancarkan pelaksanaan Pilkada,” jelas perwira dua bunga di pundak itu.

Baca Juga: Pilkada 2020, Bawaslu Balikpapan Ingatkan Wali Kota Tak Mutasi Pejabat

2. TNI akan bersinergi dengan Polri

Antisipasi Kejahatan Pilkada, Kodim 0905/Balikpapan Siapkan PasukanLetkol (Arm) I Gusti Agung Putu Sujarnawa mengobrol santai dengan awak media. Sumber: Humas Kodim 0905

Bahkan, lanjut Agung, Kodim 0905 juga akan menggandeng institusi keamanan lainnya. Hal ini dilakukan untuk mempertebal petugas keamanan, dengan begitu pasukan pengamanan akan lebih kuat lagi.

“Yang jelas akan bersinergi dengan aparat keamanan lainnya, khususnya Polri untuk menjaga situasi tetap kondusif, tetap damai,” sebutnya.

3. Dandim harapkan pempimpin yang amanah

Antisipasi Kejahatan Pilkada, Kodim 0905/Balikpapan Siapkan PasukanIDN Times/Surya Aditya

Diterangkan Agung, persiapan pengamanan ini dilakukan sebagai bentuk dukungan Kodim kepada warga Balikpapan. Sebab, untuk mendapatkan pemimpin yang terbaik, juga dipengaruhi oleh situasi. Jika Pilkada Balikpapan berlangsung aman dan damai, tentu akan mendukung untuk mendapatkan wali kota yang kredibel dan kompeten.

“Sehingga nanti kita mendapatkan pemimpin yang betul-betul amanah untuk membawa Balikpapan semakin maju kedepannya,” tandas Dandim.

Diketahui, Pilkada Balikpapan akan berlangsung pada September 2019. Saat ini, Komisi Pemilihan Umum Balikpapan tengah mempersiapkan calon kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan yang akan maju di Pilkada nanti.

Baca Juga: KPU Balikpapan: Tidak Ada Anggaran untuk Petugas Pilkada yang Sakit

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya