Geger, Benda Mirip Bom Hanyut di Sungai Dam Balikpapan

Tim Gegana pastikan hanya mirip bom rakitan

Balikpapan, IDN Times – Warga Jalan Al Makmur II, RT 31, Kelurahan Damai, Balikpapan Kota geger, pada Sabtu (21/9) pagi. Benda menyerupai bom ditemukan di Sungai Dam di kawasan tersebut.

Salah seorang warga RT 31, Kelurahan Damai, Arif Fadillah (22) mengatakan, penemuan benda diduga bom ini terjadi sekira pukul 09.00 Wita.

Saat itu, ada salah seorang warga RT 31 lainnya, melihat benda mirip potongan balok sepanjang sekira 15 sentimeter berwarna merah hanyut di Sungai Dam.

Dijelaskannya, benda tersebut terdapat empat kabel warna-warni di bagian atasnya. Di sisi bagian atas dan bawahnya, dilingkari dengan lakban hitam.

“Terus benda tersebut terdampar di dekat pemukiman warga. Kami jadi takut, langsung lapor ke kepolisian,” katanya kepada IDN Times.

1. Laporkan ke Gegana, dua mobil datang

Geger, Benda Mirip Bom Hanyut di Sungai Dam BalikpapanIDN Times/Surya Aditya

Berselang hampir setengah jam kemudian, lanjut Arif, petugas kepolisian tiba di lokasi temuan. Oleh petugas, benda diduga bom itu dinaikkan ke darat menggunakan sebatang bambu.

Namun, lantaran petugas polisi ini tidak memiliki kewenangan dan keahlian untuk mengurusi benda peledak, oleh petugas temuan tersebut dilaporkan kepada Detasemen Gegana Brimob Polda Kaltim untuk ditindaklanjuti.

“Sekitar jam 10 baru datang tim gegana, ada dua mobil gegana tadi datang ke sini,” tandasnya.

Baca Juga: Potensi Ledakan Bom Mako Brimob masih Ada, Kapolda Siapkan Strategi  

2. Benda mirip bom rakitan dihancurkan

Geger, Benda Mirip Bom Hanyut di Sungai Dam BalikpapanBrimob Polda Kaltim

Di tempat terpisah, Wakil Komandan Detasemen Gegana Brimob Polda Kaltim, AKP Wiwit Sudaryanto membenarkan, petugasnya mendapat laporan adanya temuan benda diduga bom oleh warga Kelurahan Damai. Setelah tiba, pihaknya langsung mensterilkan lokasi penemuan.

Sejumlah warga yang hendak melihat dari dekat dijauhkan oleh petugas. Hal ini dilakukan untuk menghindari bahaya yang akan terjadi, dan agar penanganan bisa berjalan dengan lancar.  

“Setelah itu kami periksa benda tersebut, kemudian benda yang menyerupai bom rakitan tersebut dihancurkan oleh petugas,” katanya.

3. Tim Gegana pastikan bukan bom, pemiliknya dicari polisi

Geger, Benda Mirip Bom Hanyut di Sungai Dam BalikpapanBrimob Polda Kaltim

Hasil pemeriksaan petugas Gegana, Wiwit memastikan, benda temuan warga itu bukan bom, hanya menyerupai.  Lebih spesifik, disebutkannya, benda tersebut terbuat dari bambu. Kemudian diberi beberapa kabel kecil dan ditutupi dengan lakban merah dan hitam.

“Hanya berbentuk seperti bom rakitan saja, tapi bukan bom. Setelah dilakukan discrapter, tidak ditemukan unsur yang mengandung bom,” terangnya.

Sementara itu, Plh. Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim, AKBP Gunawan Tri Laksono menambahkan, penanganan temuan diduga bom ini telah berakhir pukul 11.30 Wita. Saat ini, dipastikannya, kondisi di lokasi temuan benda mirip bom sudah aman dan kondusif.

“Barang bukti sudah kami bawa ke Polres Balikpapan untuk diamankan dan diselidiki untuk mencari tahu siapa pemiliknya,” tambahnya.

Baca Juga: Antisipasi Teror Bom, Pertamina RU V Balikpapan Gelar Simulasi

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya