Geger, Warga Kediri Tewas di Toilet Eks SPBU Balikpapan

Diperkiran tewas lima hari yang lalu

Balikpapan, IDN Times – Warga Jalan Syarifudin Yoes, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, geger, Minggu (17/11) siang. Sesosok mayat ditemukan membusuk di toilet eks SPBU, dekat Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC).

Dilihat dari KTP-nya yang tersebar di media sosial, mayat berjenis kelamin itu pria bernama Mohammad Tohari (50). Lahir di Kediri, 16 Mei 1969. Kesehariannya bekerja serabutan. Di toilet berukuran 2x1 meter itu dia hidup sebatang kara, tanpa keluarga.

Informasi yang dihimpun IDN Times, saat ditemukan, kondisi tibuh Tohari sudah membusuk. Kulitnya menghitam. Ada darah di permukaan wajahnya.

“Kami belum bisa memastikan apa penyebab kematiannya, kita tunggu dari pihak dokter,” kata Kanit Reskrim Polsek Balikpapan Selatan, Iptu Payan, kepada awak media.

1. Pernah mengeluh sakit

Geger, Warga Kediri Tewas di Toilet Eks SPBU BalikpapanDi toilet eks SPBU, Jalan Syarifudin Yoes, Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, ini Mohammad Tohari ditemukan jadi bangkai. Sumber: Basarnas Balikpapan

Berdasarkan keterangan saksi-saksi, lanjut Payan, Tohari diketahui sudah terlihat di eks SPBU tersebut sejak beberapa bulan belakangan ini. Tohari pun pernah mengeluh sakit kepada warga. Namun tak dirincikan, penyakit apa yang dideritanya.

“Tohari diketahui sering berpindah-pindah tempat tidur,” urai perwira balok dua di pundak itu.

Baca Juga: Adik Dikeroyok, Kakak Tak Terima dan Tikam Warga Balikpapan Tengah

2. Dicari sejak Sabtu, ditemukan pada Minggu

Geger, Warga Kediri Tewas di Toilet Eks SPBU BalikpapanTim SAR mengevakuasi jenazah Mohammad Tohari. Sumber: Istimewa

Adalah Riswan, warga Jalan Syarifudin Yoes, yang pertama kali menemukan mayat Tohari. Semua ini berawal dari aroma busuk yang menyengat. Sebenarnya, bau tak sedap sudah diendus Riswan sejak Sabtu (16/11). Upaya pencarian pun dilakukannya. Namun saat itu pencarian tak membuahkan hasil.

Memasuki Minggu (17/11), aroma busuk tadi semakin menjadi-jadi. Riswan pun melanjutkan pencarian dengan mengajak rekan-rekannya. Baru sekira pukul 12.00 Wita, pencarian berbuah hasil. Riswan dan kawan-kawannya berhasil menemukan asal bau.

“Bau busuk ini semakin tajam, setelah kami cari lagi ternyata ada mayat di toilet eks SPBU,” kata Riswan.

3. Jenazah Tohari dievakuasi ke RSKD

Geger, Warga Kediri Tewas di Toilet Eks SPBU BalikpapanTim SAR mengevakuasi jenazah Mohammad Tohari ke rumah sakit terdekat. Sumber: Istimewa

Temuannya itu kemudian dilaporkan kepada pihak berwajib. Tak lama kemudian, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan tiba di lokasi penemuan mayat. Jenazah Tohari pun langsung dievakuasi petugas ke RSUD Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) untuk diperiksa lebih lanjut.

Petugas Tim SAR menduga, Tohari tewas sejak lima hari yang lalu. “Hasil pemeriksaan, jasad tersebut diperkirakan sudah lima harian dengan kondisi seperti itu,” terang Kasi Operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Octavianto.

Baca Juga: Aksi Penyekapan di Balikpapan, Penyebabnya Gara-gara Utang Rp900 ribu

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya