Jadi Pintu Gerbang IKN, Jumlah Personel BNNK Balikpapan Mesti Ditambah

BNNP Kaltim akan tambah daya dukung kinerja BNNK Balikpapan

Balikpapan, IDN Times – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim tengah melakukan persiapan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim. BNNP Kaltim berencana untuk menambah kekuatan personel BNN Kota (BNNK) Balikpapan. 

Persiapan menyambut ibu kota negara (IKN) di Kaltim tengah disusun Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kaltim. BNNP berencana menambah kekuatan personel BNN Kota (BNNK) Balikpapan.

Kepala BNNP Kaltim, Brigjen Pol Raja Haryono mengatakan, saat ini BNNK Balikpapan hanya memiliki 38 personel. Menurutnya jumlah tersebut sangat kurang untuk kegiatan pencegahan dan pemberantasan narkotika.

“Ya, penambahan personel seiring berjalannya waktu jelas akan kami tambah. Jumlahnya kami inginkan sesuai standar. Standarnya 200-an orang,” katanya, beberapa waktu lalu.

1. Fasilitas BNNK Balikpapan juga ditambah

Jadi Pintu Gerbang IKN, Jumlah Personel BNNK Balikpapan Mesti DitambahIDN Times/Surya Aditya

Bukan hanya menambah kekuatan personel. BNNP Kaltim juga akan menambah sarana dan prasarana BNNK Balikpapan. Penambahan daya dukung kinerja BNNK Balikpapan ini bukan tanpa asalan.

Dijelaskan Raja, jika IKN telah pindah ke Kaltim, maka Balikpapan akan menjadi kota penyangga IKN. Dengan begitu kejahatan narkotika diperkirakan akan bertambah di kota ini. Oleh karena itu penambahan daya dukung kinerja BNNK Balikpapan dirasa sudah sangat tepat.

“Mau tidak mau, Balikpapan sebagai kota madya yang berdampingan dengan IKN tentunya kami harus tingkatkan sumber daya manusianya, sarana prasarananya dan fasilitas-fasilitas lain sebagai pendukung untuk menghambat dan mencegah peredaran narkotika di wilayah Balikpapan,” jelasnya.

Baca Juga: Jalin Cinta Lokasi di Lapas, Pasutri Jadi Kurir Sabu-sabu

2. Kantor BNN di lokasi ibu kota baru

Jadi Pintu Gerbang IKN, Jumlah Personel BNNK Balikpapan Mesti Ditambahstv/lokasiiknbaru

Tak hanya meningkatkan sumber daya BNNK Balikpapan. Raja menambahkan, pihaknya juga akan mendirikan kantor BNN di lokasi berdirinya pusat pemerintahan IKN.

“Kemarin saya sudah diinformasikan kepala BNN, kami juga mencoba berkoordinasi dengan kepala daerah, ini kira-kira mau ditempatkan di mana, apakah ada lokasi lahan tanah yang juga dipersiapkan untuk BNN,” bebernya.

Namun dia belum mengetahui secara persis, kapan Kantor BNN akan dibangun di lokasi IKN.

“Yang jelas kami juga sedang berupaya berkoordinasi untuk mencapai kesepakatan, supaya kami juga dapat kesempatan untuk membuat kantor atau fasilitas pendukung lainnya di ibu kota negara,” tuturnya.

3. Imbau warga dan jurnalis terlibat pemberantasan narkotika

Jadi Pintu Gerbang IKN, Jumlah Personel BNNK Balikpapan Mesti DitambahIDN Times/Surya Aditya

Namun disadari betul oleh Raja, untuk memberantas narkotika tidak hanya bisa mengandalkan instansi keamanan. Oleh karena itu, dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mencegah dan memberantas narkotika. 

“Mari kita bersama-sama ikut peduli, peduli untuk menyelamatkan anak bangsa ini agar putra-putri kita tidak menjadi penyalah guna narkotika,” ujarnya.

Dia juga meminta agar awak media terlibat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkotika. “Kepada rekan-rekan pers bisa menginformasikan secara akurat dan aktual tentang kasus-kasus tindak pidana narkotika yang terjadi secara nasional maupun lingkup daerah. Ini harapan kami,” pungkasnya.

Baca Juga: Kaltim Darurat Narkoba, Pelajar dan Mahasiswa Pengguna Terbanyak

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya