Karyawan Pub di Balikpapan Tikam Pengunjungnya, Pelaku Ditembak Polisi

Petugas lumpuhkan pelaku dengan sebutir peluru tajam

Balikpapan, IDN Times – Aksi penganiayaan terjadi di Paradise Cafe and Pub, kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota, Sabtu (29/2) malam. Salah seorang karyawan pub tersebut menikam pengunjungnya sendiri.

Karyawan Paradise Cafe and Pub yang melakukan penganiayaan bernama Dede (26). Dia tinggal di sebuah indekos kawasan Jalan Bukit Sion, Gunung Malang, Balikpapan Kota. Sedangkan korbannya belum diketahui identitasnya.

1. Pelaku ditangkap di indekosnya

Karyawan Pub di Balikpapan Tikam Pengunjungnya, Pelaku Ditembak PolisiKapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi. (IDN Times/Surya Aditya)

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Turmudi mengatakan, belum lama ini, pihaknya medapat laporan penganiayaan yang dilakukan Dede. Merespons laporan tersebut, Sat Reskrim Polresta Balikpapan gerak cepat memburu pria berperawakan kurus ini.

“Tersangka berhasil kami amankan di kos-kosannya Gunung Malang,” katanya didampingi Kasat Reskrim Polresta Balikpapan, AKP Costa Sabam Siahaan, Selasa (3/3) siang.

Namun saat akan ditangkap, sebut Costa, Dede melawan petugas. Dia mencoba kabur dari sergapan polisi. Tak ingin buruannya lolos begitu saja, polisi berpakaian sipil terpaksa memberikan sebutir peluru tajam ke betis kirinya.

Seketika itu Dede tersungkur di tanah. Tanpa perlawanan lagi dia menyerah kepada petugas. “Setelah itu tersangka langsung kami bawa ke kantor (Mapolresta Balikpapan) untuk diperiksa lebih lanjut,” jelasnya.

2. Polisi sebut korban menderita luka berat akibat ditikam

Karyawan Pub di Balikpapan Tikam Pengunjungnya, Pelaku Ditembak PolisiKasat Reskrim Polres Balikpapan, AKP Costa Sabam M Siahaan (IDN Times/Surya Aditya)

Hasil pemeriksaan sementara, Costa membeberkan, Dede menikam korbannya menggunakan senjata tajam jenis badik. Total, ada empat luka tusukan ditemukan di tubuh korban.

Akibatnya, hingga saat ini korban masih dalam perawatan intensif di rumah sakit. “Ya, korban menderita luka berat,” beber perwira balok tiga di pundak itu.

3. Polisi belum bisa simpulkan motif penganiayaan

Karyawan Pub di Balikpapan Tikam Pengunjungnya, Pelaku Ditembak Polisi(Ilustrasi pembunuhan) IDN Times

Costa menyebutkan, penganiayaan ini dilakukan lantaran Dede memiliki dendam kepada korbannya. Namun, sebelum melancarkan aksi jahatanya, Dede bersama korban tengah menegak minuman keras (miras) di Paradise Cafe and Pub.

Hal tersebut membuat pihak kepolisian belum bisa menyimpulkan, apakah aksi Dede ini tergolong terencana atau tidak. Apalagi, Dede disebut tidak konsisten dalam memberikan keterangan. Sehingga pihak kepolisian masih mendalami kasus tersebut.

“Dari keterangannya ada permasalahan di antara mereka. Dan mereka sempat minum (miras) sebelum terjadi penikaman. Jadi kasus ini masih kami dalami lebih lanjut. Karena keterangan tersangka kerap berubah-ubah," pungkasnya.

Kini Dede telah meringkuk di sel tahanan Mapolresta Balikpapan. Akibat perbuatannya, dia terancam hukuman di atas lima tahun penjara. Sebab, polisi menjeratnya dengan Pasal 351 KUHP, tentang Penganiayan.

4. Pelaku bantah punya dendam dengan korban

Karyawan Pub di Balikpapan Tikam Pengunjungnya, Pelaku Ditembak PolisiTersangka penganiayaan, Dede, digotong menggunakan kursi roda setelah sebelah kakinya ditembak polisi karena melawan. (IDN Times/Surya Aditya)

Dikonfirmasi mengenai kasus yang menjeratnya, Dede mengakui telah menikam salah seorang pengunjung Paradise Cafe and Pub. Hanya saja dia menampik, jika disebut memiliki dendam kepada korban.

“(Penyebab penikaman?) kurang tahu saya, gak ada niat soalnya,” katanya kepada awak media di Mapolresta Balikpapan.

Termasuk mabuk, juga tak diakui Dede. Menurutnya, penikaman ini terjadi karena korban lebih dahulu menganiaya dirinya. Hal inilah yang menyulut emosi dalam diri Dede, sehingga ia menikam korban di tempatnya bekerja.

“Orang itu mabuk, saya lari, dia kejar saya. Terus saya dipukuli pakai helm, baru saya balas (tikam korban),” singkatnya.

Baca Juga: Gara-gara Tes Psikologi, Pemohon SIM di Balikpapan Membeludak

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya