Korban Dipukul Pakai Linggis, Hendra Merampok Demi Puaskan Nafsu

Pengakuan residivis di Balikpapan

Balikpapan, IDN Times – Seorang perampok yang diamankan polisi, Hendra Ismanto alias HI mengaku ia merampok dengan tujuannya sederhana. Pria 36 tahun itu merampok hanya demi memuaskan nafsunya.

Ditemui di Mapolda Kaltim, HI mengaku telah merampok di dua lokasi berbeda di Balikpapan. Pertama di rumah milik Rusli, kawasan Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Marga Sari, Balikpapan Barat, dekat Plaza Kebun Sayur, pada 27 September 2019.

Berikutnya ia juga merampok rumah di kawasan Jalan Markoni, Balikpapan Kota, pada 25 Oktober 2019. Untuk bisa masuk, HI merusak jendela rumah korbannya menggunakan linggis sepanjang kira-kira 10 sentimeter.

“Congkel pakai linggis yang gede, Pak, habis itu masuk rumah,” katanya kepada awak media di Mapolda Kaltim, Senin (28/10).

1. Bawa badik, HI tak segan lukai korban

Korban Dipukul Pakai Linggis, Hendra Merampok Demi Puaskan NafsuPerampok di Balikpapan, Hendra Ismanto (baju orange), diperiksa jajaran Polda Kaltim. IDN Times/Surya Aditya

Bukan hanya bermodalkan linggis. HI juga melengkapi dirinya dengan senjata tajam berupa badik sepanjang sekira 20 sentimeter.

Badik itu digunakan HI untuk menakut-nakuti korbannya agar aksi kejahatannya berjalan mulus. Namun dia juga tak segan-segan melukai korbannya.

“Yang di dekat Plaza Kebun Sayur itu saya pukul penghuni rumahnya pakai linggis,” bebernya.

Baca Juga: Duka Dewi, Batal Nikah Setelah Sang Pujaan Hati Dihabisi Rampok

2. Hasil kejahatan buat happy-happy

Korban Dipukul Pakai Linggis, Hendra Merampok Demi Puaskan NafsuPelaku perampokan di Balikpapan, Hendra Ismanto (baju orange), ditangkap jajaran Jajaran Polda Kaltim. IDN Times/Surya Aditya

HI membeberkan, di rumah Rusli ia berhasil menggondol uang tunai sekitar Rp46 juta, handphone dan laptop. Semua uang curiannya itu diakuinya telah ia habiskan untuk foya-foya.

“Habis semua, buat happy-happy aja. Buat berangkat ke Jawa ke tempat keluarga sama beli sepeda motor juga,” sebutnya.

3. HI sudah pernah masuk bui

Korban Dipukul Pakai Linggis, Hendra Merampok Demi Puaskan NafsuWadir Reskrimum Polda Kaltim, AKBP Sumaryono. IDN Times/Surya Aditya

Sementara itu, Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum (Wadir Reskrimum) Polda Kaltim, AKBP Sumaryono mengatakan, bukan kali ini saja HI masuk penjara. Dahulu dia sudah pernah dijebloskan ke Hotel Prodeo dengan kasus yang sama, yakni merampok.

“Ya, tersangka ada residivis. Baru bebas September kemarin (2019), sekarang masuk lagi,” katanya kepada awak media, Senin (28/10).

Sumaryono pun tak buru-buru percaya, jika HI merampok hanya di dua lokasi berbeda. Sebab, berdasarkan penyelidikan pihaknya di lapangan, HI diduga telah merampok di empat tempat kejadian perkara (TKP) di Balikpapan pasca bebas dari penjara.

“Ya, hasi penyelidikan kami ada empat TKP, tapi yang diakui HI cuma dua. Kami akan terus kembangkan kasus ini,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, usai merampok di Jalan Markoni, HI langsung diringkus Jajaran Direktorat Reskrimum Polda Kaltim, pada Jumat (25/10) siang. Kini dia telah mendekam di Rumah Tahanan Mapolda Kaltim untuk diperiksa lebih lanjut.

Baca Juga: Perampokan Puluhan Juta di Balikpapan, Korban Disekap dan Dianiaya

Topik:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya